Bupati Imbau Masyarakat Jaga Lingkungan Dari Bahaya Karhutla

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menghimbau masyarakat menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pasalnya, berdasar laporan BPBD dalam beberapa bulan kedepan telah memasuki musim kemarau sehingga, harus diantisipasi.

“Dihimbau kepada masyarakat selalu menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan,”kata Bupati usai menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Kapuas di Kantor Bupati Kapuas, Senin (8/7/2019).

Orang nomor satu di Kapuas ini mengatakan, sebagai bentuk himbauan Pemerintah Kabupaten Kapuas telah membuat surat edaran untuk disampaikan kepada camat hingga tingkat bawah.

Diketahui, dalam rangka antisipasi Karhutla tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan Dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan di Aula Bappeda, Selasa (2/7/2019) lalu.

“Upaya yang kami kedepankan adalah pencegahan dalam penanganan bahaya Karhutla,”kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga.

Dijelaskan, berdasar data maupun pantauan pihaknya Kapuas belum menentukan status karena, tidak ditemukan titik api.

Namun begitu, imbuhnya, BPBD tetap siaga di lapangan bersama stake holder terkait secara terus menerus mengantisipasi jika kemudian menemukan titik api (hot spot). (ujang/ery-SB).

Check Also

PDAM Bandarmasih Masih Mandiri Tanpa Penyertaan Modal dari Pemko dan Pemprov Kalsel

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai target kinerja dan keterjangkauan pelayanan masyarakat Kota Banjarmasin, PDAM Bandarmasih dikoordinator …