Mapala Meratus UIN Siap Tanam Pohon Mangrove Dilokasi TMMD ke-105

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kerjasama yang apik akan dilaksanakan oleh Mapala Meratus UIN Banjarmasin dengan TNI khusunya Kodim 1007/Banjarmasin.

Sekitar 600 pohon mangrove akan di tanam pada saat TMMD 105 mendatang di kampung Kuin Kecil Kel Mantuil Kec Banjarmasin Selatan.

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Meratus Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin membantu pihak Kodim 1007/Banjarmasin untuk ikut melestarikan lingkungan lokasi yang dijadikan sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105 Banjarmasin di Jalan Kuin Kecil Ujung, Kelurahan Mantuil, dengan berencana menanam sebanyak 600 bibit pohon mangrove di lokasi tersebut.

Lokasi TMMD di Jalan Kuin Kecil merupakan daerah pesisir di ujung Kota Banjarmasin. Sehingga, Mapala Meratus menilai cocok untuk dilakukan observasi penanaman pohon mangrove untuk pelestarian alam.

Dikemukakan Ketua Umum Mapala Meratus, Rida, pihaknya akan menanam pohon bakau atau mangrove secara berkala di sepanjang pinggiran Sungai Kuin Kecil.

“Nanti waktunya kami atur, tidak sekaligus 600 ditanam dalam waktu sebulan. Sambil berjalan saja pengerjaannya,” ujar Rida saat meninjau langsung lokasi penanaman pohon mangrove, Selasa (9/7/2019).

Rida menyebut, penanaman pohon mangrove atas inisiasi pihaknya dan dibantu oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel untuk mengadakan bibit pohon mangrove.

“Ya, kita bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kalsel menyediakan bibit. Kami membantu menanam di wilayah ini, agar tidak terjadi erosi mengikis permukaan tanah di sepanjang aliran sungai Kuin Kecil ini,” tutupnya. (*/ad-sb)

Check Also

Jalan Kampung Kuin Kecil Sudah Mulai Mulus

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Kegiatan TMMD ke105 Kodim 1007/ Banjarmasin sudah memasuki tahap pengerasan jalan. Suasana …