Polda Kalsel Gelar Upacara Wisuda Purna Bhakti

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com. – Delapan puluh sembilan (89) orang personel Polri yang terdiri dari 81 anggota Polri dan 8 PNS Polri menjalani upacara wisuda Purna Bhakti di Lapangan Mapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan dipimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si, Kamis (11/7/2019) pukul 07.00 wita.

Dalam upacara tersebut hadir Wakapolda, Irwasda, Pejabat Utama (PJU) Polda Kalsel, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel beserta Pengurus Bhayangkari, anggota Polri dan PNS Polri.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si menyatakan, ada sebanyak 89 personel Polri dan jajaran PNS Polda Kalsel yang diwisuda purna tugas.

Mereka ini, merupakan anggota yang pensiun pada periode Juli 2018 – Juli 2019. Terdiri dari 21 Pamen, 25 Pama, 35 Brigadir dan 8 PNS Polri.

Upacara Purna Bhakti yang dilaksanakan tersebut, sejatinya merupakan salah satu bentuk penghargaan yang tulus dan bentuk ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama masa dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Polda Kalsel.

“Ini juga untuk mengikat tali persaudaraan terhadap anggota Polri yang masih aktif sebagai generasi penerus,” ungkap Kapolda Kalsel.

Kapolda menjelaskan, selama ini keberhasilan tugas kepolisian dan perkembangan Polri tidak lepas dari peranan masyarakat termasuk didalamnya sumbangsih dari purnawirawan polri sejak aktif hingga sekarang yang sesuai dengan semboyan purnawirawan polri yakni “Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara Dan Patuh Pada Tribrata Dan Catur Prasetya”.

“Kami akan selalu terbuka menerima kritik, saran dan masukan guna perbaikan polri kedepannya,” tutur Jenderal bintang dua tersebut.

Kapolda juga berpesan bahwa Purna Bhakti bukanlah akhir dari pengabdian sebagai seorang insan Bhayangkara sejati, tetapi sebagai langkah awal untuk melanjutkan pengabdian kepada masyarakat secara langsung, dimana para purnawirawan akan lebih banyak waktu dan kesempatan untuk berinteraksi secara sosial karena tak dibebani rutinitas tugas dinas.

“Salam pengabdian Polri. Terimakasih Polri. Selama 34 tahun sudah kulakukan pengabdian degan tulus dan ikhlas. Karena tugas dan pengabdian telah menjad bagian dari ibadah kami. Terimakasih Polri dan kami memohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Percayalah. Bangga pada Polri,” sepenggal ucapan dari perwakilan para wisudawan dihadapan Kapolda Kalsel serta anggota yang mengantarkan wisudawan melewati pedang pora gerbang Tribrata.

Usai pelaksanaan upacara Wisuda Purna Bhakti anggota Polri dan Wredatama PNS Polri, acara di lanjutkan dengan ramah tamah dan makan bersama seluruh Wisudawan Purna Bhakti bertempat di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel. (*/ad-sb)

Check Also

Kapuas Siap Gelar Pesparawi Kabupaten

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kabupaten Kapuas siap menggelar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kabupaten, …