Polwan di Perbatasan Ikut Padamkan Karhutla

SANGGAU, SuaraBorneo – Satgas Karhutla gabungan TNI-Polri serta Manggala Agni juga melibatkan Polwan dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

“Diperbatasan tidak hanya unsur TNI dan polri semata yang turun langsung memadamkan api ketika ada kebakaran lahan,juga ada anggota polwan yang ikut andil,” Kata Wakapolsek Entikong, Iptu Eeng Suwenda, Rabu (7/8/2019).

Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan diperbatasan terjadi ketika musim kemarau tiba.Dimana warga memanfaatkan musim kemarau untuk membuka lahan pertanian secara tradisional.

Pihak berwenang juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat diperbatasan terkait larangan membuka lahan pertanian dengan cara dibakar itu,namun masih saja ada yang melakukan cara tradisional tersebut.

Patroli karhutla rutin digelar dimana salah satu personil nya adalah polwan,bahkan cukup sigap menangani kebakaran hutan seperti yang terjadi di desa Nekan kecamatan Entikong kabupaten Sanggau, dimana BribdaIndah Roida Simaremare turut memadamkan api dilahan pertanian agar apinya tidak merambat ke hutan disekitar ladang.

“Kurang lebih satu jam berjibaku dengan asap dan api,cukup pekat asapnya dan sangat panas.namun itu semua tidak menjadi kendala ketika sedang patroli karhutla,” ungkap Indah Roida Simaremare.

Dia mengakui setiap tahun kerap mengikuti patroli karhutla di tempat dia bertugas selama ini. Dengan tegas indah menyatakan polwan itu siap disegala situasi dan kondisi, pungkasnya. (bb/ad-sb)

Check Also

Semarakkan HJK ke-74 Kodim 1007/Bjm Gelar Bhakti sosial

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Bertempat di halaman kantor Kecamatan Banjarmasin Utara Jl. HKSN Alalak Utara Kodim …

error: Off