Tim DVI Polda Kalsel Siapkan Posko Post Mortem Korban Kecelakaan Air KM Pieces

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Tim DVI Bidokkes Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan menyiapkan, Posko Post Ante Mortem korban kecelakaan pelayaran KM Pieces di Selat Makasar sekitar Pulau Matasiri.

Ketua Tim DVI Bidokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwinn ZH, Mars MH, Kes kepada wartawan Kamis (8/8/2019) mengatakan, KM Pieces dinakhodai, Nasori tersebut berangkat dari Pekalongan tujuan ke Selat Makasar diketahui membawa ABK 37 orang.

Berdasar laporan, kejadian laka air KM Pieces sekitar pukul 21.24 Wita Rabu (31/7) dengan lokasi Selat Makasar sekitar Pulau Matasirih.

Koordinat, 05°06’00.00″ S – 115°58’0.00″E dengan jarak dari Pelabuhan PPI KTB : +/- 125 NM dan Radial : 171° arah selatan.

Dikatakan, kronologis kejadian kontak terakhir KM Pieces melalui kontak radio
Minggu tanggal 28 Juli 2019 sekitar pukul 17.00 Wib kapal dalam kondisi baik.

Namun, Rabu (31/7) sekitar jam 10.00 Wib KM Bintang Mas Delima dinakhodai Semar, menemukan ABK 4 orang, 2 selamat dan 2 lainnya meninggal dunia.

Identitas, korban yakni, Muhammad Samlawi, Bambang subagio. 2 orang meninggal dunia belum diketahui identitasnya.

Penemuan, 4 orang korban pada kordinat 05.06. Ls 115.58. Bt setelah pemilik kapal Suhomi mendapat kabar terjadinya, laka laut melalui radio Kapal KM Bintang Mas Delima di perairan Selat Makasar dekat Pulau Matasiri.

Terkait, ini lanjutnya, pihaknya telah melakukan langkah-langkah pro aktif dan persiapan terkait laka air KM PIECES tersebut.

Dalam hal ini, pihaknya terus melakukan koordinasi untuk pencarian korban diantaranya dengan Kasat Pol Air Polresta Banjarmasin, Kompol Jon Letterada, SIK.

Basarnas Banjarmasin dan Kotabaru, Instalasi Forensik RSUD Ulin Banjarmasin dan Instalasi Forensik RS Bhayangkara Banjarmasin HIS
(Kesiapan Mortuary Room).

“Apabila, nanti diperlukan pergeseran jenazah meninggal dunia untuk tahapan DVI melakukan menyiagakan dan menyiapkan Tim DVI Biddokkes, Kalsel,” ujarnya.

Disampaikan, antisipasi ini untuk menghadapi kesiapan evakuasi jenazah korban menuju Banjarmasin dan sekitarnya bila diperlukan.

Melakukan, kesiapan personil, peralatan dan sarpras (Kit DVI dan kantong Jenazah dll) Tim DVI Biddokkes Polda Kalsel.

Disamping itu, mempernudah komunikasi dan saling tukar informasi juga membuat grup WA Tim DVI KSS laka Air KM Pieces yang beranggotakan personil Biddokkes, RS Bhayangkara dan Urkes serta steakholder lain.

Selanjutnya, membuat Posko Post Mortem KM Pieces di Instalasi Forensik RS Bhayangkara dengan kesiapan lemari pendingin Jenazah sebanyak 8 buah dan 4 buah di RSUD Ulin Banjarmasin.

Dia menambahkan, laporan akhir korban KM Pieces dipastikan di geser ke Pekalongan. Korban atas nama Endro selamat sudah diterima di berangkatkan melalui Banjarmasin ke tempat tujuan.

Dari laporan diterima, info terakhir korban meninggal dunia, Suhoto ABK, 3 orang lainya proses identifikasi. Sementara, korban selamat Endro Masinis, Bambang Subagio ABK dan Muhammad Samlawi siswa praktek.

“Sejauh ini, total diketemukan 7 orang, tersisa 30 orang dari manifes 37 orang berdasar. Posko Utama DVI di Pekalongan Jateng sesuai keberangkatan kapal KM Pieces,” ucapnya.

Biddokkes, Polda Kalsel
Menyiapkan Posko Post Mortem di Instalasi Forensik RS Bhayangkara Banjarmasin Biddokkes Polda Kalsel yang bersifat wait and see.

“Artinya, kami mengantisipasi dan menunggu. Jika ada temuan jenazah dari tim evakuasi bersama, bila proses DVI identifikasi dilaksanakan di Banjarmasin maka data ante mortem Dari keluarga di pekalongan dibawa ke Banjarmasin untuk dilakukan proses identifikasi DVI,” katanya seraya menjelaskan, sebaliknya proses identifikasi di Pekalongan jenazah temuan tim Banjarmasin akan di serahkan di evakuasi ke Pekalongan, disiapkan oleh Tim DVI Polda Kalsel, untuk jenazah serta data Post Mortem (body part, property dll) dikirim turut serta.

Kegiatan operasi DVI sudah lebih dari seminggu setelah peristiwa laka air KM Pieces.

“Posko SAR dan Rescue Banjarmasin ada 2, 1 Posko Basarnas Banjarbaru, 1 Posko lainya di Basarnas Kotabaru pelabuhan PPI Kotabaru,” terangnya. (ujg/ad)

Check Also

Bupati Barut Hadiri Pernikahan Ketua Muhammadiyah Kalteng

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Bupati Kabupaten Barito Utara (Barut) H Nadalsyah Sabtu (14/12/2029) menghadiri pernikahan …

error: Off