Idul Adha, KBB dan MKGR Potong Hewan Kurban

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Momentum Hari Raya Idul Adha tahun 1440 Hijriyah/2019 masehi di Kota Palangka Raya dirayakan kaum muslimin dengan melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban.

Salah satunya, digelar keluarga besar Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (DPD MKGR) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pemotongan, hewan kurban berupa sapi dilanjutkan dengan pambagian daging ke fakir miskin dan masyarakat yang berhak menerimanya ini digelar di Sekretariat DPD MKGR, Jalan MH Thamrin, Selasa (13/8).

Kegiatan, dihadiri Ketua KBB yang juga Ketua MUI Anwar Isa, Ketua MKGR Edy Raya Syamsuri, dan sejumlah tokoh lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Mazrur Amberi kepada wartawan, di sela kegiatan, mengatakan, prosesi pemotongan hewan kurban ini telah menjadi tradisi KBB pada perayaan Idul Adha setiap tahunnya.

“Untuk perayaan tahun ini, kita melaksanakannya bersama DPP MKGR Kalteng. Alhamdulillah, sejak proses pemotongan hingga pembagian ke masyarakat yang berhak menerima dapat berjalan lancar,”sebut Mazrur.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng ini menjelaskan, prosesi penyembelihan hewan kurban dilanjutkan dengan pembagian dagingnya ke masyarakat ini merupakan ibadah yang bersifat sunnah muakkad.

Ibadah ini telah disyariatkan dalam tuntunan Agama Islam sejak Nabi Ibrahim Alaihissalam. Hakikat ibadah ini bukan sekadar menyembelih hewan kurban, kemudian dagingnya dibagikan ke fakir miskin.

“Namun yang menjadi penilaian Allah SWT adalah kualitas takwa yang dihasilkan dari ibadah kurban itu sendiri,”terang Mazrur. (ujang/ery-SB)

Check Also

Penambahan Unit Transportasi Masuk Aspek Utama Smart City

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Untuk mewujudkan Banjarmasin Kota Sungai sebagai (D)River Smart City yang mengedepankan pelestarian …