Jalan Jadi Prioritas Pengembangan Pelabuhan Batanjung

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Infrastruktur jalan menjadi skala prioritas pengembangan pelabuhan laut Batanjung Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

“Jika nantinya jalan sudah fungsional, dipastikan pelabuhan Batanjung akan menjadi pintu utama,”kata Plt Kepala Bappeda Kapuas, M Saribi kepada wartawan Kamis (22/8/2019).

Mantan Camat Pulau Petak yang juga Sekretaris Bappeda ini menjelaskan, infrastruktur dimaksud adalah akses jalan dari wilayah Kecamatan Basarang dan sudah dirintis.

“Pertaruhannya, kalau pelabuhan laut Batanjung fungsional, akan mengurangi high cost di bawah Pelabuhan Trisaksi Banjarmasin, Kalsel,”tandasnya.

Namun demikian, lanjutnya, tak hanya jalan, kondisi alur Sungai Kapuas yang dangkal hingga muara laut juga menjadi prioritas.

“Pengerukan Sungai Kapuas oleh PT Baruna Ocean dan sudah siap untuk itu,” ujarnya.

Pengembangan pelabuhan laut Batanjung, tambahnya, masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sehingga, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (ujang/ery-SB)

Check Also

PDAM Kapuas Sosialisasi Tingkatkan Pelayanan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas melakukan sosialisasi tentang penyesuaian tarif …