Walhi Kalteng, Solidaritas Bersama Tolak Diskriminasi Rasial Terhadap Mahasiswa Papua

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Tengah, mahasiswa Papua Palangka Raya, LBH Palangka Raya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalteng, JPIC Kalimantan, BEM Universitas Palangka Raya, BKC GMNI Palangka Raya, PMKRI Palangka Raya, GMNI Palangka Raya menggelar aksi solidaritas bersama menolak tindakan diskriminasi rasial yang dialami oleh mahasiswa Papua.

“Dikriminasi rasial kerap dialami mahasiswa Papua, hingga menyebabkan gelombang aksi besar-besaran,”tegas Direktur Eksekutif Walhi Kalteng, Dimas Hartono dalam konferensi pers, Sabtu (24/8/2019) malam.

Didampingi, Direktur LBH Palangka Raya, Aryo, Ketua Mahasiswa Papua Palangka Raya, Yosafat, Ketua BKC GMNI Palangka Raya, Anny dia mengemukakan, berdasar data pendampingan kasus LBH-YLBHI selama tahun 2018-2019, sedikitnya terdapat 33 peristiwa pelanggaran HAM yang dialami oleh mahasiswa Papua di beberapa daerah di Indonesia, yaitu Surabaya, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bali dan Sorong.

Oleh karena itu, melalui pernyataan sikap bersama solidaritas untuk Papua diantaranya, kami mendesak Kepolisian RI melakukan pengusutan dan segera melakukan proses penegakan hukum yang transparan terhadap pelaku tindak diskriminasi rasial.

“Negara harus menyelesaikan persoalan diskriminasi rasial serta pelanggaran hukum dan HAM terhadap warga Papua, serta stop tindakan represif aparat,” pintanya.

Dilanjutkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan pihak Universitas Palangka Raya memberi jaminan perlindungan dan keamanan kepada mahasiswa Papua di Palangka Raya.

“Dalam hal ini, tidak ada lagi segala tindakan keji, rasisme dan tindakan yang tidak menjunjung tinggi kemanusiaan di Indonesia terutama hak-hak orang Papua,” pungkasnya. (ujang/ery-SB)

Check Also

5 Lahan Sawit di Mempawah, Kuburaya, Ketapang dan Landak di Segel Polda Kalbar

PONTIANAK, suaraborneo.com – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH …