1.870 Anak Indonesia Sekolah di Negara Tetangga Malaysia

SARAWAK, suaraborneo.com – Konjen RI Kuching, Yonny Tri Prayitono menyampaikan bahwa berdasarkan data Imigrasi Sarawak pada tahun 2011 – 2013 terdapat lebih dari 3000 anak-anak Indonesia yang tidak mendapatkan akses pendidikan di Sarawak.

Baru pada tahun 2016, pemerintah Sarawak mengijinkan pendirian Community Learning Centre (CLC).
CLC sebagai institusi yang memberikan akses pendidikan bagi anak-anak dari pekerja Indonesia yang bekerja di ladang kelapa sawit.

“Pemberian akses pendidikan untuk anak-anak Indonesia merupakan salah satu fokus utama kami di KJRI Kuching, kami tidak mau anak-anak Indonesia tidak bersekolah. Kami berharap dari CLC di Sarawak akan bermunculan SDM-SDM unggul yang dapat membangun Indonesia,” tegas Yonny Tri Prayitono, Kamis (28/8/2019).

Sementara itu Ringgi Perdini Konsul Pensosbud KJRI Kuching menyampaikan, ada 117 guru dimana 94 orang guru pamong yang digaji dari perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan jenjang pendidikan SMA dan SMK, sedangkan 23 guru bina yang didatangkan dari Indonesia mereka merupakan tenaga pendidik profesional yang didatangkan dari indonesia.

Saat ini di Sarawak terdapat 62 CLC yang memberikan akses pendidikan bagi 1.870 anak-anak Indonesia dengan jenjang dari SD hingga SMP.

“Kendala yang dihadapi adalah masih kekurangan guru profesional,” ungkap Ringgi.

Diungkapkan Ringgi, tidak semua anak-anak PMI bisa mengakses pendidikan di CLC itu,karena hanya anak-anak yang orangtuanya bekerja pada perkebunan sawit yang bisa bersekolah di CLC itu.

“CLC adalah kerjasama KJRI dengan perusahaan perkebunan sawit untuk menyediakan sarana dan prasarana pendidikan termasuk guru,” jelas Ringgi.

Dengan demikian masih banyak anak-anak disarawak khususnya dari Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan seutuhnya,diharapkan pemerintah Indonesia bisa membuka lagi CLC bagi anak-anak yang berada di luar perkebunan sawit.

Penulis : Bobirianto Yulianus
Editor : Ady Wiryawan
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

Kasad Pimpin Serah Terima Jabatan Pangdam XII/Tanjungpura dan Aspam Kasad

JAKARTA, suaraborneo.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Upacara Serah …