Ratusan Ekor Kacer Diselundupkan Pakai Ojek Motor di Perbatasan Malaysia

SEKAYAM, suaraborneo.com – Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643/Wns menggagalkan pengiriman ratusan ekor burung Kacer dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur perbatasan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (28/8/2019).

Burung Kacer sebanyak 215 ekor tersebut dikirim melalui kurir ojek motor lewat jalur tikus di Sungai Daun, Kecamatan Sekayam dengan tujuan sementara Balai Karangan.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto mengungkapkan pengojek berinisal AA mendapat order untuk mengantarkan kotak yang tidak diketahui isinya dari batas Sungai Daun ke Balai Karangan.

“Pada saat AA melintas di Pos Dalduk Sungai Daun sama anggota jaga diminta berhenti, karena agak mencurigakan kok ada motor dari arah batas subuh-subuh. Begitu anggota periksa bawaannya, isinya burung Kacer,” ujar Dwi Agung.

Dikatakan, dari keterangan AA, dia diminta untuk mengambil kotak kepada AW, warga Malaysia oleh DN, warga Sanggau di Sungai Daun. Menurut AA, DN menunggu kotak itu di Balai Karangan.

“Saat dilaksanakan penelusuran ke Balai Karangan untuk mencari orang dengan ciri-ciri seperti yang disampaikan AA, si DN sudah tidak pergi. Terhadap AA kami berikan pembinaan supaya kedepan lebih hati-hati menerima orderan,” kata Dwi Agung.

Sementara itu, barang bukti 215 ekor burung Kacer yang diamankan Satgas Yonmek 643/Wns, Rabu siang diserahkan ke Stasiun Karantina Pertanian Entikong untuk proses lebih lanjut.

Penulis : Bobirianto Yulianus
Editor : Ady Wiryawan
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

PKS Kalteng Inisiasi Gerakan Keluarga Menanam Pohon

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kondisi pasca kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan …