Penyelundupan Mercy Klasik Digagalkan, Pelaku Bobol Portal Pembatas Negara di Jagoi Babang

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Satuan pengaman perbatasan RI-Malaysia yakni satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns menggagalkan penyelundupan satu unit Mercedes Benz dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur tikus perbatasan di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Minggu (8/9/2019) malam.

Pelaku yang diketahui lebih dari satu orang berupaya meloloskan Mercy klasik seri 230e keluaran tahun 1978 tersebut dengan cara membobol portal batas negara di Dusun Sungai Saparan, Desa Semunying Jaya, Kecamatan Jagoi Babang.

“Pelaku lebih dari satu orang, orang pertama mengendarai sepeda motor, yang seorang lagi mengendarai mobil yang akan diselundupkan itu. Kejadian sekitar pukul 22.30 WIB tadi malam,” ungkap Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto, Senin (9/9/2019).

Dikatakan, penggagalan upaya penyelundupan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyampaikan akan ada pemasukan mobil asing melalui perbatasan beberapa hari lalu. Info tersebut ditindak-lanjuti Satgas Pamtas di Pos Sungai Saparan dengan melakukan pengintaian disejumlah jalur yang menghubungkan wilayah Indonesia dengan Malaysia di Jagoi Babang.

Benar saja, Minggu malam sekitar pukul 22.15 WIB dari arah Malaysia melaju satu unit mercy berwarna putih yang dikendarai satu orang. Mercy itu dikawal satu orang pengendara motor. Tiba di perbatasan Dusun Sungai Saparan, kedua pelaku lantas membobol portal batas negara.

Dansatgas menyampaikan, aksi penyelundupan itu dihentikan Letda Inf. Andika Permana bersama sejumlah anggota Yonmek 643/Wns yang sudah mengamati pergerakan pelaku dari kejauhan. Namun, ketika prajurit TNI mendekati portal kedua pelaku kabur dengan motor ke arah Malaysia dan meninggalkan mobil ditempat kejadian.

“Anggota tidak bisa mengejar pelaku, karena mereka lari, berbalik lagi ke arah Malaysia. Kami hanya bisa mengamankan selama kejadian dan pelakunya berada diwilayah Indonesia,” tutur Dwi Agung.

Penulis : Bobirianto Yulianus
Editor : Ady Wiryawan
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

Pemprov Kalteng Akan Bantu Pembangunan Sarpras di UPR

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Momentum peringatan Dies Natalis ke-56 Universitas Palangka Raya (UPR), pada tahun …