Tradisi Jawa Pertama Kalinya Dilestarikan di Landak Grebek Suro

LANDAK, suaraborneo.com – Masyarakat jawa di Kabupaten Landak pertama kalinya mengelar kegiatan grebek suro yang diawali dengan karnaval budaya yang di lakukan di sepanjang jalan di kota Ngabang kab Landak.Minggu,(15/9/2019).

Acara grebek suro jawa ini di hadiri oleh Bupati Landak,Kapolres Ladak, pangayuban jawa kabupaten Landak,Serta unsur masyarakat kabupaten Landak.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya terlebih untuk menjalin silahturami yang baik sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika berbeda beda tetap satu.

Hal tersebut disamapaikan oleh Bupati Landak Karolin Magret Natasa saat memberikan sambutan.

“Kegiatan grebek suro yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Landak ini mereupakan salah satu tujuan untuk melestarikan tradisi adat dan Budaya terutama masyarakat jawa terlebih untuk menjalin silahturami yang baik sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika berbeda beda tapi tetap satu,”Ucap Karolin Magret Natasa Bupati Landak saat memberi kata Sambuatan.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini juga diharapkan kepada masyarakat supaya dapat memelihara tradisi adat dan Budaya dan semangat gotong royong agar tetap mempereret persatuan kesatuan terlebih masyatakat juga dapat berpartisipasi aktif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan budaya agar tetap utuh terjaga,”Tambahnya.

“Semoga saja kegiatan grebek suro ini dapat diadakan secara berkesinambungan dari generasi ke generasi supaya tradisi adat dan budaya tetap terjaga sampai ke anak cucu kita nanti,” ujar Yatno Warga Landak.

Penulis : Karnila Adeng
Editor : Adi Wiryawan
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

Paman Birin Hadiri Saprah Amal di Ponpes Al Mursyidul Amin Gambut

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Silaturahmi sekaligus menghadiri kegiatan Saprah Amal yang digelar Pondok Pesantren Al Mursyidul …