Kapolda Kalsel Pimpin Padamkan Api Karhutla di Guntung Damar Landasan Ulin

BANJARBARU, SuaraBorneo – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si memimpin langsung upaya pemadaman api di lahan yang terbakar di Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (15/9/2019).

Sejak pukul 22.00 Wita, Jenderal bintang dua tersebut terjun langsung untuk mengecek hotspot atau titik panas yang ada di sekitar kawasan tersebut, sekaligus melakukan pendinginan lahan pasca kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda daerah itu.

“Saya memimpin langsung kegiatan pemadaman dan pendinginan ini. Semuanya merupakan upaya tim Satgas Gabungan Karhutla Kalsel untuk mengatasi kebakaran lahan,” kata Kapolda Kalsel..

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Kalsel turun didampingi oleh Karo Ops, Dansat Brimob Polda Kalsel, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Wakapolres Banjarbaru, Kabag Ops Polres Banjarbaru, Kapolsek Banjarbaru Barat dan personil Polda Kalsel yang terlibat Ops Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019.

Kapolda ikut berjibaku masuk kelokasi kebakaran lahan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan.
Ia tak segan-segan terjun langsung dan melakukan penyemprotan lahan untuk pemadaman dan pendinginan lahan.
Menurutnya, lahan terbakar saat itu sekitar 3 hektare yang merupakan lahan gambut.

Kapolda memastikan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan penyebab Karhutla. Ia pun mengharapkan peran serta masyarakat sekitar menjaga alam.

“Saya harap masyarakat sadar untuk tidak melakukan pembakaran lagi dengan tujuan apapun,” tegasnya.
Ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah itu masih ada, mengingat Provinsi Kalsel masih berada dalam musim kemarau. (*/ad)

Check Also

Tingkatkan Sektor Pendidikan, PMP2L Dapat Bantuan CSR Bank Kalsel

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Perkumpulan Masyarakat Pertanian, Perikanan dan Lingkungan (PMP2L) yang juga mengelola kursus gratis …