Semrawut, Disperindagkop dan UKM Tata Pasar Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah melakukan penataan pasar Kapuas dan relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL).

Pasalnya, kondisi pasar selama ini nampak semrawut ditambah keberadaan PKL.

“Ya kami sudah mengambil langkah dengan melakukan rapat koordinasi bersama OPD serta pihak Kecamatan Selat,” kata Plt Kadis Perindagkop Dan UKM Kapuas, Batu Panahan kepada wartawan, Selasa (17/9/2019).

Menurut, Batu Panahan, hasil keputusan rapat di Aula Disperindagkop Dan UKM tanggal 16 September 2019 yakni, PKL di Jalan Mawar akan direlokasi ke pasar Blok R.

Berkenaan, buka tutup PKL, mulai buka pukul 24.00 Wib dan tutup pukul 6.00 Wib. Dasar Instruksi Plh Sekda Kapuas.

Kemudian, rekayasa lalu lintas di Jalan Mawar diatur Dishub yaitu dari dan ke fery penyeberangan belok kanan menuju Jalan Seroja.

“Khusus padagang dan penyuplai ikan yang menggunakan mobil serta kendaraan box mulai beroperasi pukul 21.00 Wib sampai dengan 6.00 Wib,” tandasnya.

Terkait, razia rutin, lanjutnya, dilaksanakan oleh Dinas Satpol PP Dan Damkar. Sedangkan tim Adipura bersama-sama mulai melakukan sosialisasi Instruksi Plh Sekda menyusul keluarnya hasil rapat selama 3 hari.

“Ini berlaku mulai tanggal 17 – 19 September 2019 dari pukul 8.00 – selesai,” ujarnya.

Namun, dalam hal ini, penataan pasar dan relokasi PKL tentunya melalui pendekatan dialogis, artinya pelan-pelan bertahap. “Tidak serta merta langsung eksekusi,”imbuhnya seraya menjelaskan, sudah didirikan Pos Pantau Satpol PP.

Dia menambahkan, Instruksi Plh Sekda Kapuas, Andres Nuah nomor 094/1062/DPPKUKM/DAG/IX/2019 ditujukan kepada pengurus atau pengelola pasar diantaranya yakni, setiap pengurus/pengelola pasar diharapkan, berpartisipasi untuk memelihara ketertiban, keindahan, dan kebersihan lingkungan pasar. (ujang/ery-SB)

Check Also

Polemik, Gabungan Toga, Ormas, Kades Dukung Pemkab Kapuas Atas Pinjaman Daerah

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Penolakan dewan terkait rencana pinjaman daerah oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Rp …

error: Off