Warga Berkerumun di Mobil Oksigen PKS Palangka Raya

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Warga yang tinggal di pemukiman padat penduduk Kota Palangka Raya masih merasakan udara yang tidak sehat dan mengalami gangguan pernapasan.

“Kondisi ini mendapat respon dari Relawan PKS Kota Palangka Raya untuk bisa membantu warga untuk mendapatkan masker dan oksigen gratis dengan cara mendatangi kawasan pemukiman padat penduduk tersebut,” ungkap Rahmat Joko Santoso selaku Koordinator Relawan PKS kepada wartawan, Jum’at (20/9/2019).

Menurut Joko, mobil oksigen relawan PKS akan keliling untuk mendatangi warga yang memerlukan bantuan guna meminimalisir dampak asap yang tidak sehat.

Dikatakan, warga berdatangan menuju ke mobil oksigen yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa, umumnya mereka akan mendapatkan edukasi bagaimana upaya pencegahan dari bahaya asap yang tidak sehat. Kemudian mereka akan mendapatkan oksigen,”ungkapnya.

“Sedikitnya, setiap kedatangan mobil oksigen, rata-rata warga yang datang sekitar 100 orang dalam waktu 3 jam, kemudian berpindah lokasi untuk mendatangi warga di komplek lainnya ujar mantan aktivis mahasiswa IAIN Palangka Raya ini.

Joko berpesan, dalam kondisi asap yang tidak sehat sebaiknya masyarakat menggunakan masker ketika keluar rumah, kemudian memperbanyak minum air putih, dan segera mendatangi rumah sakit atau puskesmas terdekat jika kondisinya semakin tidak sehat. (ujang/ery-SB)

Check Also

Tingkatkan Sektor Pendidikan, PMP2L Dapat Bantuan CSR Bank Kalsel

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Perkumpulan Masyarakat Pertanian, Perikanan dan Lingkungan (PMP2L) yang juga mengelola kursus gratis …