Polres Sanggau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

SANGGAU, suaraborneo.com – Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH pimpin pelaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di hlaman depan Mapolres Sanggau, Selasa (1/10).

Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. sebagai falsafah negara, pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil di antara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme. faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.

Sudah tentu radikalisme dan faham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan, oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia. sekaligus, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya.

Kita semua, tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. dengan demikian, pancasila menjadi sistem nilai yang hidup.

Akhirnya, peringatan hari kesaktian pancasila yang kita peringati setiap tahun haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. selamat memperingati hari kesaktian pancasila 2019, semoga Allah SWT, tuhan yang mahakuasa, senantisa membimbing dan meridhoi usaha kita semua.

Penulis :Bobirianto Yulianus
Editor : Adi Wiryawan
Sumber :suaraborneo

Check Also

Pemko Banjarmasin Ikuti APUF-7

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Pemerintah Kota Banjarmasin memastikan diri ikut dalam The Seventh Asia-Pacific Urban Forum …