71 WNI Bermasalah di Malaysia Dipulangkan

ENTIKONG, suaraborneo.com – Sebanyak 71 orang Warga Negara Indonesia (WNI) bermasalah di negara tetangga malaysia di pulangkan ke negara Indonesia melewati beranda depan NKRI Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.

Penyebab dari 71 orang warga negara indonesia yang bermasalah dipulangkan ini adalah mereka yang bekerja di negara malaysia namun tidak memiliki dokumen kelengkapan seperti Pasport dan vissa kerja.

Dari 71 Orang ini merupakan 62 Orang laki laki deportasi dan 9 Orang perempuan deportasi dan 1 orang laki laki merupakan repartasi dan mereka merupakan berasal dari berbagai daerah provinsi yang ada di negara indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Agud Gudiyahman sebagai Fungsional Pengantar kerja P4TKI Entikong kepada suaraborneo.com.Kamis,(3/10/2019).

“Hari ini kami dari P4TKI entikong akan memfasilitasi sebanyak 71 orang warga negara Indonesia deportasi dan repartasi diantaranya merupakan 62 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.Dan mereka ini merupakan bermasalah saat bekerja di negara tetangga malaysia karena tidak memiliki dokumen kelengkapan seperti pasport dan vissa kerja,”Ungkap Agud Gudiyahman sebagai Fungsional Pengantar kerja P4TKI Entikong.

“Untuk kali ini pemulangan Deportasi dan Repartasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dipulangkan berasal dari Kalimantan Barat 34 orang,NTT 9 orang,NTB 5 orang,Sulawesi Selatan 13 orang,Jawa Tengah 2 orang,Jawa Timur 5 orang,Jawa Barat 1 orang,Sumatra selatan 1 orang,Banten 1 orang,Sumatra utara 1 orang,Bali 1 Orang dan sulawesi tengara 1 orang,dan untuk deportasi dan repartasi hari ini mayoritas berasal dari provinsi kalimantan Barat,”Ujarnya.

“Mereka yang kami fasilitasi hari ini nantinya akan dibawa ke dinas sosial provinsi kalimantan Barat dan disana mereka dari dinsos kalbar lah yang memfasilitasi kepulangan mereka ke tempat tinggal masing-masing,” pungkasnya.

Dengan adanya pemulangan deportasi dan repartasi ini diharapkan bagi warga negara indonesia yang ingin bekerja di luar negeri seperti malaysia diharapkan agar wajib memiliki dokumen kelengkapan seperti pasport dan vissa kerja agar pekerjaan dan keamanan di luar negeri dapat tetqp terjamin dengan aman dan kondusif.

Penulis : Tim Liputan
Editor : Adi Wiryawan
Sumber : suaraborneo

Check Also

Tingkatkan Sektor Pendidikan, PMP2L Dapat Bantuan CSR Bank Kalsel

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Perkumpulan Masyarakat Pertanian, Perikanan dan Lingkungan (PMP2L) yang juga mengelola kursus gratis …