Kepala Bappeda : Bupati Apresiasi PLN Program Lisrik Desa di Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas, Ahmad Muhamad Saribi menyatakan, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengapresiasi pelaksanaan Program Listrik Desa oleh PT PLN (Persero) di wilayah Kabupaten Kapuas.

Tujuannya, mengurangi jumlah desa yang belum menikmati listik PLN sehingga, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah.

“Bupati menyampaikan terima kasih kepada Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Kuala Kapuas telah memberikan pelayanan terbaik hingga tahun 2019,”kata Ahmad Muhamad Saribi dalam rilisnya disampaikan ke Diskominfo Kapuas, tanggal 24 September 2019 lalu.

Dikatakan, pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah Kabupaten Kapuas oleh PLN 2017 ada 7 desa. Kemudian, 2018 melistriki 13 desa.

Bupati, sebutnya, berharap agar program listrik desa dapat terus terlaksana, sebab sejauh ini banyak belum teraliri listrik mengingat luasnya wilayah.

“Terdapat 61 desa yang belum ada listrik dari 214 desa di Kabupaten Kapuas. Bupati tetap memberikan dorongan dan dukungan agar program listrik desa dapat terus berjalan,”ujarnya.

Terutama, di Ibukota
Kecamatan Pasak Talawang dan Kecamatan Mandau Talawang yang hingga sekarang ini belum teraliri listrik.

Lebih lanjut dikatakan,
Kabupaten Kapuas menyimpan potensi energi terbarukan yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan bersama antara PLN dan Pemkab Kapuas.

Potensi antara lain, rencana pembangunan bendungan di Desa Tumbang Manyarung yang dapat dikembangkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), serta Air Terjun Masupa Ria yang dapat menjadi potensi sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Harapannya, kerjasama antara Pemkab Kapuas dan PLN terus terjaga guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya. (ujang/ery-SB)

Check Also

Tingkatkan Sektor Pendidikan, PMP2L Dapat Bantuan CSR Bank Kalsel

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Perkumpulan Masyarakat Pertanian, Perikanan dan Lingkungan (PMP2L) yang juga mengelola kursus gratis …