Maraknya Virus ASF di Negara Asia, Karantina Pertanian Entikong Perketat Pengawasan

ENTIKONG, suaraborneo.com – Maraknya virus African Swine Fever (ASF) atau Demam Babi Afrika di negara asia saat ini menjadi perhatian khusus bagi Kementrian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian salah satunya Karantina Pertanaian Entikong.

Hingga kini di negara asia sudah mulai terserang Virus African Swine Fever (ASF) atau Demam Babi Afrika seperti negara Myanmar,Filipina,dan Timor Leste.

Termasuk Indonesia merupakan negara asia,Maka Badan Karantina Pertanian Entikong telah berupaya untuk mengantisipasi menularnya Virus ASF tersebut ke Indonesia melalui Jalur perbatasan RI-Malaysia yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong dengan cara memperketat pengawasan.

“Maraknya virus ASF yang sudah tersebar di Negara Asia memang menjadi perhatian khusus bagi Kementrian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanaian.Kami dari Badan Karantina Pertanaian Entikong telah berupaya untuk mengantisipasi masuknya virus ASF tersebut ke Negara Indonesia dengan cara memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap masuknya barang barang dari Negara Malaysia seperti daging Babi dan lain sebagainya di jalur Perbatasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong,” ungkap Drh.Yongki Kepala karantia Pertanian Entikong.

“Walaupun Negara Indonesia belum terserang Virus African Swine Fever (ASF) atau Demam Babi Afrika tentunya Badan Karantina Pertanian Entikong tetap Waspada apalagi di Entikong ini merupakan jalur perbatasan RI-Malaysia yang dianggap rawan.Maka kami akan melakukan pengawasan yang ketat di jalur Pos Lintas Batas Negara Entikong (PLBN),” ujarnya.

“Jika ada warga Negara Indonesia yang membeli daging dari luar Negeri seperti Negara tetangga Malaysia misalnya, walaupun Negara Malaysia belum terserang tapi kita dari Karantina Pertanian Entikong tetap waspada dengan cara melakukan pengambilan semple daging tersebut dan di uji di Labolatorium untuk memastikan apakah daging tersebut terserang Virus ASF tersebut apa tidak,” tutupnya.

Penulis : Bobirianto Yulianus
Editor : Adi Wiryawan
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

PKS Kalteng Inisiasi Gerakan Keluarga Menanam Pohon

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kondisi pasca kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan …