Bupati Barsel Minta BPKP Beri Pembinaan APIP

BUNTOK, SuaraBorneo – Bupati Barito Selatan H Edy Raya Samsuri meminta, BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, memberikan pembinaan bagi Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Permintaan ini disampaikan, Bupati saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel mendapat kunjungan dari pimpinan BPKP Perwakilan Provinsi Kalteng dipimpin langsung oleh Ketua BPKP Kalteng, Setia Pria Husada.

Kunjungan kerja tersebut sekaligus untuk bersilaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Barsel, yang dilaksanakan di aula Setda Barsel, Rabu (9/10/2019).

Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri mengharapkan, kunker ini dapat mempererat hubungan kerjasama dalam pelaksanaan tugas terutama pada bidang pengawasan.

Pasalnya, pengawasan merupakan salah satu kegiatan dari manajemen pengawasan yang efektif dalam pemerintah daerah yang mana turut menentukan keberhasilan Pemkab Barsel dalam mencapai tujuan dan sasarannya.

Untuk itu, ia meminta, pihak BPKP selalu memberikan pembinaan kepada Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang ada di daerah ini, sehingga penguatan APIP pada inspektorat Barsel ke depannya dapat lebih profesional.

“Dalam hal ini masih banyak yang harus dilakukan agar APIP di Barsel ini dapat sejajar dengan kemampuan APIP menurut standar nasional, agar ke depannya APIP Barsel menjadi APIP yang kapabel,”jelas orang nomor satu di Barsel ini.

Kondisi, APIP Barsel sekarang, lanjutnya, serta kapabilitas APIP dan maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) berada pada level tiga.

“Harapan ke depan bisa berada pada level tiga sesuai dengan program nasional, yang mana seluruh APIP Indonesia harus berada pada level ketiga,”harapnya.

Kepala Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Kalteng, Setia Pria Husada menyampaikan, kedatangan mereka semata-mata ingin membantu Pemkab Barsel agar visi dan misi kepala daerah tercapai.

“Saya mengharapkan, kepada pihak Pemkab Barsel agar kerjasama BPKP dengan pemerintah daerah ini bisa lebih erat lagi. Jangan sampai ada sekat antara pemerintah dengan instansi vertikal,”terangnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

PKS Kalteng Inisiasi Gerakan Keluarga Menanam Pohon

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kondisi pasca kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan …