Relawan PKS Bantu Warga di Pinggiran Sungai

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Dampak kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan selama dua bulan terakhir membuat warga mengalami gangguan kesehatan inspeksi saluran pernapasan.

Warga Kelurahan Bereng Bengkel Kota Palangka Raya, Haryati menceritakan, kondisi keluarga dan tetangganya yang terkena infeksi saluran pernafasan dan gangguan kesehatan lainnya.

Sangat rentan mengalami gangguan kesehatan akibat asap karlahut yaitu pada anak-anak. dimulai dengan batuk-batuk dan sesak nafas.

“Karena itu, Relawan PKS menyusur pemukiman pinggiran sungai untuk memberikan layanan bantuan dan edukasi bagi warga tentang bahaya karlahut,” ujar Koordinator Program Bantuan Relawan PKS Kalteng, Abdullah kepada wartawan Kamis (10/10/2019).

Menurut Abdullah, informasi dari warga bahwa mereka perlu mendapatkan layanan check kesehatan dan makanan/minuman sehat untuk memulihkan kembali kondisi warga yang memang terdampak asap karlahut.

“Progam pemulihan dan edukasi untuk hari Kamis, (10/10) di pemukiman pinggir sungai Kelurahan Bereng Bengkel. Kegiatan dihadiri oleh 100 warga baik ibu-ibu maupun anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi kesehatan dan bahaya asap akibat karlahut di Kalimantan Tengah,”ujar Ketua DPC PKS Kecamatan Sabangau, Hari Purwanto, SP.

Mantan aktivis HMI ini dihadapan masyarakat berpesan dan menyampaikan,  meski saat ini bukan waktunya kampanye, justru PKS hadir di tengah masyarakat ketika masyarakat membutuhkan bantuan dan layanan akibat dampak kabut asap karlahut. (ujang/ery-SB).

Check Also

PKS Kalteng Inisiasi Gerakan Keluarga Menanam Pohon

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kondisi pasca kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan …