Perang Lawan Narkoba, Pemasyarakatan Kalsel Gelar Tes Urine Secara Serentak

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika ke-74 Tahun 2019 serta menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang Langkah-Langkah Progresif dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba, diadakan tes urine secara serentak bagi Petugas LP Jum’at (11/10/2019), di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.

Tes urine ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pegawai yang mengkonsumsi Narkotika ataupun zat adiktif lainnya, ungkap Kakanwilkum Kalsel melalui Kabag Humas Sugito dengan awak media, Jumat (11/10/2019).

Ditambahkannya, kegiatan ini dilaksanakan oleh masing-masing UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan bekerjasama dengan BNN Kabupaten/Kota dengan tak terkecuali dengan pejabat/pegawai Divisi Pemasyarakatan yang juga turut melakukan tes urine di Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

Dengan menggunakan empat parameter tes, bisa diketahui kandungan zat yang menjadi penanda penggunaan narkoba seperti kadar morphine, methamphetamine, amphetamine, dan benzodiazepine dalam tubuh melalui urine yang sudah melalui tahap pemeriksaan.

Tes urine ini juga diikuti oleh seluruh jajaran mulai dari Pejabat dan seluruh Pelaksana baik di Divisi Pemasyarakatn maupun di Unit Pelaksana Teknis.
Kegiatan ini merupakan wujud komitmen menciptakan pegawai pemasyarakatan yang bersih dari narkoba dan sejenisnya dan terbukti dengan diperolehnya hasil tes yang negative dari kandungan zat kimia yang berasal dari narkotika dan zat adiktif lainnya.

Melalui tes urine ini, diharapkan tidak ada lagi petugas yang memakai barang haram tersebut, dan para petugas bisa menjadi contoh bagi warga binaan agar menjauhi dan jangan terjerumus kembali dalam lingkaran bahaya narkoba, imbuhnya. (as/ad)

Check Also

Tingkatkan Sektor Pendidikan, PMP2L Dapat Bantuan CSR Bank Kalsel

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Perkumpulan Masyarakat Pertanian, Perikanan dan Lingkungan (PMP2L) yang juga mengelola kursus gratis …