1000 Hari Pertama Kehidupan Periode Emas Tumbuh Kembang Seorang Anak

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode emas tumbuh kembang seorang anak. Apa yang terjadi pada masa ini termasuk nutrisi yang diterima oleh bayi saat berada dalam kandungan dan menerima ASI yang memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat usia dewasa.

Demikian disampaikan, dalam Bimbingan Teknis Pendidikan Keluarga Dalam Rangka Penurunan Angka Stunting Tubuh (Pendek/Kerdil) Kabupaten Kapuas 2019.

Kegiatan, digelar selama dua hari, tanggal 16 – 17 Oktober 2019 di Aula Bappeda Kapuas Jalan Tambun Bungai, sekaligus pelantikan Pengurus Himpaudi Kabupaten Kapuas masa bakti 2019-2023.

Hadir Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat Ketua Tim PKK/Bunda PAUD Kabupaten Kapuas, Ary Egahni, SH, OPD, camat serta para peserta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat melalui, Plt Kabid Pembinaan PAUD Dan Dikmas Disdik Kapuas, Marce kepada wartawan Kamis (17/10) mengatakan, tujuan bimtek dalam rangka menjalankan program pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dikatakan, melalui pokja pendidikan Disdik Kapuas menyelenggarakan acara tersebut ditujukan kepada Ketua TP PKK Desa, Guru PAUD, Pengawas dan Penilik.

“Sebagai tindak lanjut, peserta yang sudah mengikuti bimtek agar meneruskan ke tempat masing-masing. Dengan begitu terbuka wawasan masyarakat untuk mengerti dan memahami pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sehingga akan menuntaskan serta mencegah stunting di Kabupaten Kapuas,”jelasnya.

Lebih lanjut, Marce mengatakan, jumlah peserta bimtek 420 orang dari kecamatan se-Kabupaten Kapuas. Sedangkan, nara sumber, dari pusat Yohana Runanda, Bunda PAUD/Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni, Dinas Kesehatan, Maya Hugo serta fasilitator, Marce, Pitriani dan Norhidayah. (ujang/ery-SB).

Check Also

Personil Kodim 1006/Martapura Bantu Pembangunan Jembatan Darurat Mataraman

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Jembatan Desa Banua Anyar Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang putus …