Antisipasi Bencana, Satlinmas se-Kota Banjarmasin Harus Siap Siaga

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Untuk mencegah dan mengantisipasi bencana di Kota Banjarmasin, 325 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se Kota Banjarmasin dihimbau agar selalu bersiap siaga.

Hal itu disampaikan Walikota Banjarmasin H lbnu Sina pada saat membuka Pelatihan Mitigasi Bencana
dan Fasilitasi Penanganan Bencana Bagi Anggota Satlinmas se Kota Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Rabu (23/10).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, orang nomor satu di bumi kayuh baimbai itu berharap Satlinmas
yang ada di kelurahan-kelurahan se Kota Banjarmasin bisa mengantisipasi berbagai bencana yang timbul akibat perubahan musim.

“Kita ini sedang dalam pergantian musim dari kering yang terjadi musibah kebakaran kemudian ini musim hujan antisipasi banjir, genangan dan sebagainya, kami berharap kita siap siaga menghadapinya,” harapnya.

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa ada kelebihan yang bisa manfaatkan dari Satlinmas, karena sudah tersebar di seluruh kelurahan se Kota Banjarmasin.

“Ada potensi besar yang ada pada Satlinmas di 52 kelurahan kita itu, paling tidak ada Satlinmas yang bisa berhadir di lokasi bencana, sehingga ketika terjadi musibah, mereka bisa lebih cepat berkoordinasi dan melakukan tindakan-tindakan untuk mengurangi resiko bencana,” lanjutnya.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjarmasin menghadirkan narasumber dari Damkar Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anggota Satlinmas yang mengikuti pelatihan. (humpro/ad)

Check Also

Pilkada Bengkayang, PDIP Resmi Usung Kajot-Carlos

BENGKAYANG, suaraborneo – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan kembali mengumumkan nama-nama …