Jelang MTQ Provinsi, LPTQ Gelar Musda

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Biro Kesejahteraaan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan dan LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan, serta LPTQ Kabupaten Kotabaru menggelar Musyawarah Daerah Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 di kabupaten Kotabaru , beberapa hari yang lalu.

Plt. Biro Kesra Mujiyat, S.Sn, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Musda LPTQ adalah Merumuskan, mengidentifikasi masalah, dan menetapkan langkah-langkah peningkatan kualitas dan efektivitas penyelenggaraan MTQ/STQ, Menyusun Program Kerja LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan, serta merespon persoalan-persoalan actual yang dihadapi LPTQ dan Persoalan umat pada umumnya dalam konteks pemeliharaan kesucian kitab suci Al Qur’an.

Diutarakannya pula, bahwa Peserta Musda LPTQ terdiri dari pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan, LPTQ Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, serta instansi terkait yang secara keseluruhan berjumlah 80 orang, selanjutnya tema yang diangkat melalui MUSDA/Rakerda LPTQ Tahun 2019 ini adalah “Kita Tingkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pelaksanaan MTQ di Provinsi Kalimantan Selatan”.

Ada yang menarik dalam sidang komisi, terkait pelaksanaan MTQ, apakah mengikuti penyelenggaraan MTQ secara nasional, yakni MTQ pada Tahun genap dan STQ pada tahun ganjil. “Hal ini tentunya perlu dibahas secara intensif, terkait efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan MTQ, demi upaya kita bersama dalam meningkatkan syiar Islam dan membumikan Al Qur’an,” ujar Mujiyat disela kegiatan sidang komisi.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalsel H. Noor Fahmi mengatakan bahwa pelaksanaan Musda LPTQ adalah bukti kesiapan dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam menyelenggarakan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-32 Tahun 2019. “LPTQ sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pengembangan, pembinaan dan penghayatan nilai-nilai Al Qur’an agar terus meningkatkan perannya agar LPTQ semakin diakui keberadaannya oleh masyarakat” harap Noor Fahmi ketika menutup kegiatan Musda.

 

MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-32 ini, akan digelar pada tanggal 3 s.d. 9 Nopember 2019, dengan berbagai cabang lomba, yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, yang hasilnya akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Padang Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 mendatang.

Dalam sidang pleno terakhir dalam Musda yang digelar di Gedung Paris Barantai Kabupaten Kotabaru tersebut, menetapkan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-33 Tahun 2020. (as/ad)

Check Also

Rahmadian Noor Tinjau Langsung Lokasi Banjir di Semangat Dalam

MARABAHAN, SuaraBorneo.com – Wakil Bupati Barito Kuala (Batola), Rahmadian Noor meninjau langsung lokasi banjir di …