BPN Kapuas : Program PTSL Sudah Mencapai 80 Persen

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pelaksanaan program nasional Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL) oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, kini mencapai 80 persen.

“Oktober 2019 ini, realisasi PTSL sudah mencapai 80 persen,”kata Kepala Kantor BPN Kabupaten Kapuas, Suraji melalui Kasi Hubungan Hukum BPN Kapuas, Nina Eriyani kepada wartawan Selasa (29/10/2019).

Namun, Nina mengakui, capaian sertifikat tidak mungkin 100 persen jika dibandingkan pengukuran bidang tanah.

“Kendalanya, di lapangan pihaknya masih banyak menemukan bidang tanah yang kepemilikannya tidak diketahui,”sebutnya.

Dikatakan, sebelumnya BPN juga sudah melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Karena itu dengan mengantongi sertifikat maka, tentunya akan mempermudah masyarakat itu sendiri, katakanlah misalnya, untuk usaha.

Lebih lanjut dikatakan, waktu tersisa dua bulan kedepan November dan Desember 2019 pihaknya menyelesaikan pencetakan dan penanda tanganan terhadap pemberkasan sertifikat tersebut. “Sehingga dianggap lengkap baik aspek legalitas maupun yuridisnya,”jelasnya.

Kemudian, untuk pengukuran, salah satu desa yang sudah lengkap yakni, Desa Sei Lunuk Kecamatan Bataguh, Desa Tamban Makmur dan Tamban Baru Mekar Kecamatan Tamban Catur.

“Dalam hal ini, karena tujuan dari PTSL adalah pendaftaran tanah sistematis lengkap, jadi harus ada desa lengkap yang nantinya diharapkan menjadi kecamatan lengkap,”terangnya.

Terkait, penyerahan atau louncing PTSL 2019 di Kabupaten Kapuas, tambahnya, pelaksanaan penyerahannya antara bulan Januari – Februari 2020. (ujang/ery-SB).

Check Also

Aplikasi M-Banking Bank Kalsel Permudah Salurkan Zakat, Infaq dan Sadekah

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Selain membantu segala pembangunan di Kalsel, Bank Kalsel beri kemudahan untuk masyarakat …

error: Off