Kemenag Kota Gelar Dialog Agama

PALANGKARA, SuaraBorneo – Sebanyak 40 peserta Rabu (30/10/2019) mengikuti dialog lintas agama, upaya menjaga kerukunan beragama.

Materi langsung disampaikan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya, Ahmad Farichin.

“Menjaga kerukunan beragam dengan mengembangkan nilai-nilai dasar yang melandasinya berdasarkan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dan pengamalan agama,”lanjut Farichin, mantan Ketua Umum HImpunan Mahasiswa Uslam (HMI) Cabang Pangka Raya ini.

Disamping itu, terus menjalin kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, menjunjung tinggi NKRI dan mendasarkan pada pancasila dan UUD 1945.

Karenanya, tutur mantan Kepala Sekolah Madrasyah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya itu, permasalahan yang kita hadapi sekarang masih adanya ketidakserasian kehidupan sebagian masyarakat, sebagian umat beragama, baik hubungan intern umat beragama maupun antar umat beragama.

Begitu juga, kehidupan harmonis masyarakat belum sepenuhnya terwujud, masih terdapat kelompok sosial dan eksklusif berdasarkan etnik serta kedaerahan.

Begitu pula, jelasnya, yaitu lemahnya pemahaman sebagian umat beragama terhadap ajaran agamanya masing-masing.

Untuk itulah, kejadian yang pernah terjadi dimasa silam mari kita jadikan renungan untuk menata kembali kerukunan hidup beragama.

“Kepada penyuluh agama harus berikan pemahaman beragama kepada umat yang seagama, bila sudah itu yang dilakukan Insya Allah damai,”pinta Farichin. (ujang/ery-SB).

Check Also

Aplikasi M-Banking Bank Kalsel Permudah Salurkan Zakat, Infaq dan Sadekah

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Selain membantu segala pembangunan di Kalsel, Bank Kalsel beri kemudahan untuk masyarakat …

error: Off