Sepekan Operasi Zebra di HSU, Polisi Keluarkan 259 Surat Tilang

AMUNTAI, SuaraBorneo – Dalam sepekan Operasi Zebra Intan 2019, 259 kendaraaan diketahui melanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Utara. Tercatat, mahasiswa, pelajar dan karyawan swasta paling banyak melanggar lalu lintas termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sopir angkutan umum.

Kendaraan paling banyak ditindak dalam operasi ini adalah sepeda motor sebanyak 242 kendaraan, sementara untuk mobil penumpang sebanyak 17 kendaraan. Sementara untuk jenis pelanggaran yang terbanyak di dominasi oleh pengendara tanpa helm sebanyak 92 orang, surat menyurat 72 pelanggar dan melawan arus sebanyak 35 orang.

Kasat Lantas Polres HSU AKP Sabilal Mahmud mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan 259 lembar surat bukti pelanggaran (tilang) pada pengendara roda dua dan roda empat yang melanggar peraturan lalu lintas.

“Operasi Zebra yang digelar selama 23 Oktober sampai 5 November 2019, baru sepekan dilaksanakan kita telah mengeluarkan sebanyak 259 lembar tilang kepada pelanggar peraturan lalu lintas,” kata AKP Sabilal Mahmud dalam siaran persnya.

Menurut Kasat Lantas, angka tersebut naik 29% jika dibandingkan dengan pelaksanaan operasi serupa tahun lalu. “Hasil Operasi Zebra Intan hari ketujuh tahun 2019 berbanding hari ketujuh tahun 2018, jumlah kendaraan yang ditilang naik 126, atau sekitar 29%,”

Ia pun menyampaikan bagi para pelanggar peraturan lalu lintas, terutama di jalan umum, personilnya akan memberikan sanksi tegas.

“Tertib berlalu lintas semestinya bukan hanya saat Operasi Zebra, melainkan sepanjang waktu. Kalau tidak tertib, yang rugi pengendara dan masyarakat juga,” pungkasnya. (*/ad)

Check Also

Film Kreasi Anak Benua Dapat Tanggapan Positif Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Walaupun sedang dalam masa pandemi Covid-19, tidak menghalangi kaum milenial dalam …