Kodim 1007/Bjm Gelar Pelatihan dan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Saka Wira Kartika binaan Kodim 1007/Banjarmasin melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan dalam rangka Binter terpadu bertempat di halaman Kodim 1007 Banjarmasin Jalan S. Parman nomor 5 Banjarmasin. Kegiatan pelatihan dan pembinaan yang dilaksanakan oleh Dandim 1007 Banjarmasin Kolonel Infanteri Anggara Sitompul dihadiri oleh sejumlah pejabat pembina Pramuka di tingkat kota Banjarmasin salah satunya Ketua Kwarcab Kota Banjarmasin, Ketua Saka Bahari Lanal Banjarmasin, Ketya Saka Bhayangkara, Ketua Saka Bakti Husada dan Ketua Saka Kencana serta sejumlah pejabat teras di TNI Seperti Danden Bekang, Dandenzibang dan Kasi Ter Korem 101/Antasari.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan yang dilaksanakan oleh Kodim 1007 / Banjarmasin bertujuan meningkatkan kemampuan dalam membina kepramukaan terhadap siswa-siswi baru yang berada dalam Saka Wira Kartika Kodim 1007 Banjarmasin berjumlah kurang lebih 41 orang.

Kegiatan dimulai dari upacara pembukaan di halaman Denbekang Banjarmasin, dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan penanggulangan bencana oleh Tim Swadek Kota Banjarmasin dan kegiatan penyuluhan bela negara serta radikalisme. Perkemahan saka Wira Kartika Kodim/1007 Banjarmasin dalam rangka pradiklat dilemdikada Banjarbaru pada pertengahan Bulan November mendatang diisi oleh kegiatan api unggun dan tradisi pengambilan Bed Saka Wira Kartika dengan rute cek poin pertama 0 km dan check point kedua Siring menara pandang hingga Finish di halaman Kodim 1007 Banjarmasin.

Keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan krida-krida yang ada di Saka Wira Kartika seperti Krida mountaineering, Krida Pionering, Krida Penanggulangan bencana, Krida survival dan Krida Navigasi Darat.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 1007/ Banjarmasin menjelaskan kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan salah satu wadah untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berkepribadian, berahlak mulia, disiplin,  terampil, dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara.

Melalui kegiatan Pramuka ini diharapkan generasi muda bisa memahami nila-nila norma masyarakat serta memiliki kepribadian Pancasila, cinta tanah air, bela negara dan bisa mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Pungkasnya.

Acara perkemahan Saka Wira Kartika Kodim 1007/ Banjarmasin ditutup pada hari Sabtu pukul jam 11 wita oleh perwira seksi teritorial Kodim 1007 Banjarmasin Kapten infanteri Ode Saefudin dalam keadaan aman dan lancar. (*)

Check Also

Yohanes Budiman Resmi di Lantik jadi Penjabat Bupati Bengkayang

PONTIANAK, SuaraBorneo.com –  Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, hari ini, Rabu (30/9) secara resmi melantik Yohanes …