Sikapi Aksi Kades, Dewan Siap Jelaskan Penolakan Pinjaman Daerah

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Ketua DPRD Kapuas Ardiansah menyatakan, DPRD Kapuas siap memberikan penjelasan terkait penolakan pinjaman daerah Pemerintah Kabupaten Kapuas ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Rp 610 miliar.

Hal ini disampaikan, Ketua Dewan melalui rilis resmi kepada wartawan Senin (4/11/2019) menyikapi adanya aksi kades dan lurah se Kabupaten Kapuas ke gedung DPRD Kapuas yang mempertanyakan itu.

“Dewan siap memberikan penjelasan pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2019. Kita tentu berterima kasih dan apresiasi mereka,” katanya.

Hanya saja, sebenarnya tidak ada yang patut dipertanyakan. Pasalnya antara Kades dan DPRD itu beda ranah dan kewenangan.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, seyogyanya kirim surat resmi sehingga dapat dipertimbangkan dalam rapat Banmus. Sementara, terkait permasalahan APBD TA 2020 saat ini masih berproses.

Ardiansah melanjutkan, terkait penolakan rencana pinjaman daerah agar tidak dicampur adukan dengan persoalan reguler.

Untuk itu, lanjutnya, DPRD siap memberikan penjelasan secara spesifik terhadap proses keputusan DPRD pada pertemuan tanggal 8 Oktober 2019, namun disertai surat permintaan dari Bupati dan Kades se Kabupaten Kapuas.

“Intinya jadwal dan waktu menyesuaikan situasi karena bersamaan itu juga tanggal 8-9 November 2019 pelaksanaan pembahasan rasionalisasi dan sinkronisasi hasil rapat Komisi KUA PPAS KUA PPAS tahun anggaran 2020,”pungkasnya. (ujang/ery-SB)

Check Also

Ditta : Food Estate Pemerintah Beri Kejelasan Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pengacara yang juga pemerhati lingkungan dari Yayasan Pusaka Bentala tergabung dalam …