Pemprov Kalteng Akan Bantu Pembangunan Sarpras di UPR

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Momentum peringatan Dies Natalis ke-56 Universitas Palangka Raya (UPR), pada tahun anggaran 2020 mendatang Pemprov Kalteng menyatakan, akan mendukung pembangunan sarana dan prasarana (Sarpras) di kampus terbesar dan tertua di Bumi Tambun Bungai ini.

Bantuan anggaran tersebut diberikan, untuk mendukung pembangunan di UPR yang bersumber dari APBN 2020.

“Kita di 2020 mendatang, akan membantu membangun gadung perkuliahan senilai sekitar Rp 60 miliar lebih, dan paling lambat akhir 2021 bangunan itu bisa diselesaikan.

Karena pada tahun yang sama, UPR mendapatkan bantuan sebesar 83,3 miliar lebih dari pemerintah pusat untuk membangun gedung perkuliahan,” ungkap Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, usai menjadi Inspektur Upacara peringatan Dies Natalis ke-56 UPR, di Halaman Rektorat UPR, Senin (11/11/2019).

Dijelaskannya, bantuan pembangunan gedung perkuliahan yang Pemprov Kalteng salurkan tersebut didasarkan keinginan dan permintaan Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi. Sehingga ke depan, akan ada dua menara kembar di UPR, yang dibangun dari APBN dan APBD Kalteng.

Tidak itu saja, lanjut Gubernur, Pemprov Kalteng akan membantu pengaspalan jalan-jalan di lingkungan UPR. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan dua unit mobil ambulan.

“Kita juga khusus untuk UPR, akan menganggarkan perbaikan asrama mahasiswa yang berada di lingkungan UPR melalui anggaran Dinas PUPR Kalteng.

Perbaikan asrama yang dilakukan, agar asrama yang ada tersebut layak huni, dan kita akan berikan bantuan operasional asrama, termasuk untuk bantuan makan dan minum mahasiswa yang tinggal di asrama,”ujarnya.

Bagi mahasiswa, Pemprov Kalteng setiap tahun menganggarkan beasiswa Bidik Misi Kalteng Berkah yang dikhususkan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Saya berharap, beasiswa Bidik Misi memang jumlahnya kecil. Tetapi, beasiswa itu sangat berarti bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Kalteng ini berpesan kepada mahasiswa agar tetap optimis dan semangat dalam menempuh pendidikan untuk menuju Kalteng Berkah.

Sedangkan, kepada Rektor UPR dan jajaran, Gubernur minta jangan pernah lelah dan menyerah dalam mendidik dan mengajar mahasiswa, supaya mahasiswa UPR menjadi generasi yang kuat, pintar, mandiri, cerdas, cerdik, dan berani. (ujang/ery-SB).

Check Also

Babinsa Ramil Barat dan Timur Terima Reward dari Dandim 1007/Banjarmasin

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Pada rangkaian kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar Kodim 1007/ Banjarmasin tahun …

error: Off