Bupati Sanggau Buka Turnamen Sumpit Sabang Merah Abae Se-Kalbar Ketiga

SANGGAU,  SuaraBorneo – Bupati sanggau Paolus Hadi S.IP.M.SI membuka secara resmi Turnamen Sumpit Sabang Merah Abae Se-Kalbar dalam rangka hari jadi Persatuan Sumpit Kabupaten Sanggau ke-3 tahun 2019.Mulainya turnamen tersebut ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP.M.SI
jumat,(15/11/2019).

Dalam sambutannya Ketua Panitia, Samuel Marwan yang kesehariannya akrab disapa Abong melaporkan bahwa turnamen ini dalam rangka hari jadi persatuan sumpit ke-3 tahun 2019 dengan tujuan guna menjalin silaturahmi antar sesama pencinta olah raga tradisional sumpit pada khususnya serta dapat melestarikan budaya leluhur dan juga tentu menjadi icon kota sanggau khususnya olahraga
tradisional menyumpit yang diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Adapun peserta lomba sebanyak 66 orang putra dan 29 orang putri dengan total 95 orang, peserta keseluruhan tersebut merupakan utusan dari berbagai kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Barat Meliputi Kabupaten Kota Pontianak, Kota Singkawang,Bengkayang,Kubu Raya, Landak,Sanggau,Sekadau,Sintang dan Kapuas Hulu.Dengan kategori lomba Beregu Putri dan Putra, dilanjutkan Sabtu (16/11) Perorangan Putra dan Putri.

“Peserta akan diberikan piagam atas partisipasi dalam kegiatan ini dan para pemenang akan mendapatkan piagam serta uang pembinaan,”jelasnya.

Sekretaris FORMI Kalimantan Barat H.Yuda Permana, S.Pd, M.OR dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2019 sudah terpilih kembali kepengurusan baru, banyak yang bertanya-tanya apa itu FORMI, nah FORMI adalah singkatan dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, yang mana telah mewadahi beberapa cabang olahraga tradisional maupun modern seperti oleh tradisional sumpit satu diantaranya ataupun olahraga modern seperti skateboard dan lain sebagainya.

Adapun tujuan dari berdiri wadahnya olahraga rekreasi ini di antaranya mensosialisasikan peraturan Gubernur nomor 9 tahun 2010, tentang penyelenggaraan keolahragaan. Kemudian menyetarakan FORMI dan KONI, karena sama-sama memiliki hak kedudukan dalam undang-undang keolahragaan Nasional, artinya FORMI setara dengan KONI hanya lingkupnya saja yang berbeda, kalo FORMI di bidang olahraga rekreasi sedangkan KONI di bidang olahraga prestasi, jelasnya.

Selanjutnya segeralah bentuk kepengurusan FORMI di Kabupaten Sanggau dan selamat bertanding kepada peserta turnamen sumpit.

Disamping itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si dalam membuka kegiatan Turnamen Sumpit “Sabang Merah Abae” mengatakan bahwa setiap turnamen yang dilaksanakan di Kabupaten Sanggau haruslah mempunyai nama dan juga dibuat sejarahnya, jelaskan itu supaya jelas pulalah turnamen yang diselenggarakan. Kemudian kedepan agar segera mungkin bentuk FORMI di Kabupaten Sanggau sehingga sejajar dengan KONI dan tentu Pemerintah Daerah mendukung sekali terhadap hal itu, saya tau biasanya FORMI ini rata-rata kepala daerah yang menghendelnya, untuk itu dirinya meminta kepada tim sumpit untuk memulainya, jelas Bupati.

Berikut Sumpit selain seni dan tradisional dan juga enggrang perlu kita tingkatkan, jika lembaganya baik maka bagus pula pembinaan terhadap cabang olahraga yang diwadahinya, untuk itu kepada pengurus FORMI Provinsi Kalbar mohon dukungannya, persiapkan dokumennya dan tim sumpit memulainya sehingga FORMI di Kabupaten Sanggau cepat terbentuk.

Selamat datang di Kabupaten Sanggau kepada para peserta tim sumpit dari Kabupaten/Kota Se-Kalbar, selaku Bupati Sanggau dirinya merasa senang melihat tim sumpit selalu kompak, tentu sebagai keluarga besar sumpit Kalbar selalu memberi semangat baru untuk mengabadikan nilai-nilai tradisi yang ada karena sumpit ini mengandung banyak unsur, baik itu seni, budaya juga ketangkasan dan seterusnya karena pada zaman dahulu sumpit digunakan masyarakat untuk berburu.

Selanjutnya, selamat bertanding kepada para peserta, jaga sportivitas, jalin kebersamaan antar tim, tetap solid dan raihlah prestasi, ucap Bupati.

Acara dibuka dengan pemukulan gong sebanyak 3x oleh Bupati Sanggau dan dilanjutkan dengan menyumpit balon lepas ke udara oleh Bupati bersama Pengurus DAD Kab. Sanggau, Sekretaris FORMI Kalbar, Wakapolres Sanggau, Ketua KONI Sanggau, Ketua KPU Sanggau, Perwakilan Kodim 1204/Sanggau kemudian dilanjutkan dengan tiup lilin dan pemotongan kue ulang tahun hari jadi Persatuan Sumpit Kabupaten Sanggau ke-3 tahun 2019.

Hadir juga dalam Kegiatan,
Wakil Ketua 1 DAD Kab.Sanggau Bpk Ajao, Sekjen DAD Kab. Sanggau Bpk. Urbanus, Anggota DPRD Kab.Sanggau Bpk Sisen dan Bpk Krismono, Wakapolres Sanggau Kompol Damianus Dedi Susanto, Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kpt Inf.Agus Mulyanah, Kasi Pidum Kejari Sanggau Joharca, Ketua KPU Kab.Sanggau Martinus Sumarto, SH, Ketua Koni Kab.Sanggau Ibrahim sertai para Atlit dan oficial Tournamen. (yls-sb)

Check Also

Bupati Barut Hadiri Pernikahan Ketua Muhammadiyah Kalteng

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Bupati Kabupaten Barito Utara (Barut) H Nadalsyah Sabtu (14/12/2029) menghadiri pernikahan …

error: Off