Rektor IAIN : Khatib Diminta Sampaikan 9 Seruan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Perlunya penguatan cara pandang, sikap maupun praktik beragama, jalan tengah pengembangan penyiaran beragam untuk perdamian dan keselamatan umat.

“Harus menerapkan sembilan ceramah agama (khutbah) dirumah ibadah,”tegas DR. Khairil Anwar.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, dihadapan 40 Peserta Khatib se Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (18/11/2019), di Palangka Raya.

Ke sembilan seruan itu memiliki pemahaman dan komitmen tujuan utama diturunkannya agama islam.

“Kedua berdasarkan pengetahuan ajaran pokok agama Islam yang memadai. Ketiga disampaikan dalam kalimat santun dalam ukuran dan kepatutan serta ujaran kebencian dilarang agama manapun,”sambung Khairil Anwar.

Sedangkan, ke empat bernuansa mendidik berupa nasehat dan pengetahuan yang mengarah kepada kebaikan serta penyempurnaan akhlak.

Untuk kelima, jelas
Khairil Anwar, asal Kota Martapura dan mantan aktivis HMI itu materinya tidak bertentangan dengan Pancasila dan UU 1945.

Ke enam, materi tidak bertentangan dengan Suku Agama, Ras dan Antar golongan (Sara). Tujuh tidak bermuatan penghinaan, penundaan dan pelecehan pandangan, keyakinan dan praktik ibadah umat beragama.

Kedelapan, tidak bermuatan kampanye poltik praktis dan promosi bisnis. Ke sembilan tunduk pada ketentuan yang berlaku. (ujang/ery-SB).

Check Also

Bupati Barut Hadiri Pernikahan Ketua Muhammadiyah Kalteng

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Bupati Kabupaten Barito Utara (Barut) H Nadalsyah Sabtu (14/12/2029) menghadiri pernikahan …

error: Off