SMSI Kalsel Ajak Media Siber Terverifikasi

BANJARBARU, SuaraBorneo – Salah satu tujuan besar dari pembentukan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) adalah untuk membantu pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dalam mendata media online. Hal itu disampaikan Ketua SMSI Kalsel Milhan Rusli kepada pimpinan media online dan awak medya peliputan Banjarbaru-Martapura, Senin (18/11) di Gedung Nina Satria Kota Banjarbaru

Kegiatan ini dihadiri Kabag Humas Pemko Banjarbaru Didy Sutoyo beserta kasubag Faisal, juga Kaminko kabupaten Banjar di wakili Eddy Elmansyah Jaya serta jajaran pengurus SMSI Kalsel, Ketua Milhan Rusli (ApaHabar.com), Wakil Ketua Ady Wiryawan (SuaraBorneo.com), Sekretaris Lingga AS (Kalselpos.com), Bidang Organisasi Didin Ariyadi (WartaNiaga.com), Bidang Daerah dan Hubungan Antar Lembaga Agus Salim (RilisKalimantan.com) dan Bidang Hukum Narti (KalimantanPost.com).

“Kita bisa membantu Kementerian Kominfo dalam mendata perusahaan media di daerah yang cukup banyak, yang tumbuh bagai jamur di musim hujan,” ujar Milhan.

Pemimpin Apa Habar.com ini juga menegaskan selain mendata media siber di daerah, SMSI juga melakukan verifikasi terhadap media-media siber di Kalsel.

“Pertama, kita mendata perusahaan media yang ada di setiap provinsi Kalsel. Kedua, kita membuka pendaftaran untuk perusahaan media siber yang ingin bergabung dengan SMSI. Ketiga, kita membantu perusahaan media siber anggota SMSI agar memenuhi syarat perusahaan media terverifikasi sebagaimana diminta oleh Dewan Pers,” ungkapnya.

Milhan menjelaskan syarat-syarat verifikasi yang harus dipenuhi perusahaan media siber seperti yang ditetapkan Dewan Pers.

Syarat-syarat itu antara lain, perusahaan media siber harus berbentuk badan hukum, memiliki perjanjian kerja dengan karyawan, memiliki kantor, dan memiliki penanggung jawab. Selain itu juga mematuhi Pedoman Pemberitaan Media Siber yang dikeluarkan Dewan Pers. Jelas mantan wartawan kalimantan pos dan kompas tv ini. (hrs-bjb)

Check Also

Bupati Barut Hadiri Pernikahan Ketua Muhammadiyah Kalteng

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Bupati Kabupaten Barito Utara (Barut) H Nadalsyah Sabtu (14/12/2029) menghadiri pernikahan …

error: Off