KLHK Latih Polisi Cilik LHK, Tanamkan Perilaku Ramah Lingkungan Sejak Dini

JAKARTA, SuaraBorneo – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat 29 November 2019. Membudayakan cinta lingkungan sejak dini, KLHK menyelenggarakan Pelatihan Polisi Cilik LHK. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak *160 siswa dari berbagai sekolah dasar* untuk berlatih menjadi polisi cilik bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Pada pelatihan ini para polisi cilik LHK ini akan diberikan materi terkait apa saja wujud perilaku yang mencerminkan kecintaan pada lingkungan dan kehutanan seperti mengurangi penggunaan sampah plastik, tidak buang sampah di sungai, melakukan penanaman pohon pada lahan kritis/ tidak bervegetasi, tidak membakar sampah sembarangan yang dan lain sebagainya, serta materi dasar tentang tugas-tugas polisi kehutanan dan *penegakan hukum yang dibawakan oleh Instruktur dari Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum LHK dan Kepolisian Republik Indonesia.*

Menteri LHK Siti Nurbaya pada acara tersebut menyampaikan, “Dengan pelatihan 160 Polisi Cilik LHK ini, diharapkan dapat menanamkan kepada mereka nilai disiplin diri, taat hukum, berperilaku mencintai lingkungan hidup dan hutan serta siap untuk menjadi polisi, menegur, mengingatkan, dan menjelaskan terhadap teman, keluarga dan warga masyarakat lainnya yg melanggar peraturan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan”.

“Teguran/peringatan dan penjelasan serta contoh berperilaku mencintai lingkungan hidup dan kehutanan dengan gaya khas dari anak-anak diharapkan bisa menyentuh kesadaran para orang tua dan dapat diikuti oleh teman-teman sebayanya untuk berbuat hal-hal yg sama”, terang Menteri Siti.

“Kegiatan patroli Polisi Cilik LHK ini selanjutnya diharapkan dapat mewarnai kegiatan-kegiatan Kementerian LHK dlm pengembangan generasi muda lingkungan dan menjadikan champion-champion dimasa yang akan datang” tambah Menteri Siti.

Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP2SDM) KLHK, Helmi Basalamah, dalam sambutannya membuka acara ini, di Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M.Sc, Jakarta, Jumat (29/11) menyatakan, “Adik-adik adalah motivator untuk penggerak teman2 yg lain ntuk menjadi orang -orang yang peduli lingkungan”.

Pelatihan ini merupakan cara penanaman kedisiplinan, nilai peduli lingkungan dan hutan sejak dini. Sebagai Polisi Cilik LHK mereka akan menjadi kader lingkungan hidup muda yang mampu menjaga, memelihara dan berperilaku ramah lingkungan, serta mampu menjadi contoh dan inspirasi bagi teman, keluarga dan masyarakat disekitarnya melalui perilaku ramah lingkungan.

Selain itu pelatihan Polisi Cilik LHK ini diharapkan mampu menghentikan perilaku yang tidak ramah lingkungan paling tidak di lingkungan keluarganya, teman-teman di sekolahnya, dan masyarakat di sekitarnya.(*)

Check Also

Babinsa Ramil Barat dan Timur Terima Reward dari Dandim 1007/Banjarmasin

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Pada rangkaian kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar Kodim 1007/ Banjarmasin tahun …

error: Off