Kerendahan Hati dan Hari Terakhir AKP Wahyu Ismoyo Jayawardana di Kota Serambi Mekkah

MARTAPURA, SuaraBorneo – Kepala Bagian Operasi Polres Banjar, AKP Wahyu Ismoyo Jayawardhana, dalam hitungan jam akan angkat kaki dari Kota Serambi Mekkah. Gelombang mutasi menyebut namanya untuk digantikan oleh Kompol Syaiful, dari Polsek Banjarbaru Barat.

Ya, Nama AKP Wahyu Ismoyo Jayawardhana digaungkan dalam obrolan awak media di Martapura. Reporter SuaraBorneo.com pernah mendengarnya, saat seorang wartawan senior di Martapura menyebutnya ia polisi yang ‘humble’ yang disukai semua kalangan.

Diceritakan kalau sosok AKP Wahyu Ismoyo Jayawardhana adalah Kabag Ops jempolan. Alasannya, ia jauh dari hiruk-pikuk pemberitaan citra yang terkesan dipaksakan. Sembari menghisap rokok kreteknya, mantan wartawan Radar Banjarmasin itu berkali-kali bilang: “Sidin (beliu) itu gampang dihubungi. Bahkan sidin sering melihat status whatsapp saya,” kelakarnya sembari tertawa.

Tanpa bermaksud membesar-besarkan hal yang tidak seharusnya, imbuh dia. Namun ia mengakui, mantan Kapolsek Simpang Empat itu memang berbeda dari kebanyakan polisi.

Hal yang paling umum diketahuinya adalah, ketika ia dan sejumlah awak media di Martapura ingin konfirmasi sebuah pemberitaan, sebisa mungkin ia akan menjawab. “Hebatnya, jika sidin tidak memiliki data, sidin meminta kita menunggu beberapa saat karena pasti akan mencarikan data yang kita minta,” tutur wartawan berkacamata itu.

Bahkan saat reporter SuaraBorneo.com pertama kali melakukan kontak dengan AKP Wahyu Ismoyo Jayawardhana melalui pesan whatsapp pada Selasa, 26 November 2019 lalu pun kesan akrab langsung terasa dengan panggilan ‘Bro’. Sikap Wahyu ini tentu jadi contoh seorang perwira Muda Polri yang bisa membaur ke semua kalangan.

Dan pada hari ini, Sabtu 6 Desember 2019 pukul 14.00 wita, di Mapolres Banjar, ia serah terima jabatan, kata Humas Polres Banjar Iptu H Suwarji dalam keterangan tertulisnya. Tugas selanjutnya, akan menempatkan polisi berpostur atletis itu sebagai Kanit 1 subdit 3 Ditreskrimum Polda Kalsel.

AKP Wahyu Ismoyo Jayawardhana sendiri mengatakan kepindahannya ke Polda Kalsel tersebut menjadi sesuatu yang menggembirakan sekaligus menyedihkan. Dia juga berharap program Bag Ops Polres Banjar di tangan Kompol Syaiful dapat berjalan lebih baik.

“Ini menjadi sesuatu yang menggembirakan dan menyedihkan juga karena harus pindah tugas ya. Keberadaan saya selama satu tahun terakhir sejak Agustus 2018 lalu, memberikan kesan mendalam bagi saya. Mudah-mudahan di bawah Pak Syaiful nanti insyaallah hal-hal yang bersentuhan langsung dengan warga jadi semakin erat (hubungan),” ujar Wahyu saat berbincang dengan reporter suaraborneo.com di Banjarmasin.

Pentolan Brimob Polri itu mengaku bersyukur bisa bekerja di bidang Operasional Polres selama setahun terakhir ini. Menurutnya, ada banyak manfaat selama dia bekerja di bagian operasional kepolisian.

“Ada hal-hal bermanfaat kerja di bagops ini, karena kita bisa lebih memahami keinginan publik, harapan publik seperti apa, banyak menerima, menampung keinginan publik terhadap kita. Karena kita bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan,” sebutnya.

Kini polisi yang gemar mengenakan peci warna putih itu akan pergi dari Martapura, dan melepas jabatannya di Polres Banjar ke bahu orang lain. Momen saat dirinya mengamankan jutaan jamaah haul guru sekumpul Martapura, akan selalu dirindukan. “Itu merupakan momen terindah (amankan jamaah haul) bagi kita,” ucapnya.

Semoga ia akan tetap mencintai jalan sunyinya. Sikapnya yang ramah dan penuh canda akan selalu diingat sebagai seorang kawan baik tanpa memandang status dan kedudukan. (ed/ad)

Check Also

Dampak Covid-19, Anggaran Peningkatan Jalan Status Provinsi di Sanggau Terpangkas

SANGGAU, SB – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar yang dipimpin H Subhan Nur menemui …