MTQ, Ajang Perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Merawat Persatuan

SANGGAU, SuaraBorneo – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, Drs.H. M.Taufik mengajak seluruh peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 tingkat Kabupaten Sanggau di Kecamatan Bonti untuk menjaga ukhuwah islamiyah dan menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa.

“Jangan sampai ajang MTQ ini merusak persatuan dan kesatuan kita. Soal menang atau kalah itu hal biasa,” kata H.M.Taufik saat menyampaikan sambutannya pada acara malam ta’ruf dan pengukuhan dewan hakim MTQ ke-28 tingkat Kabupaten Sanggau di Aula Lawang Kuari Kecamatan Bonti, Sabtu (14/12) malam.

Dikatakan Kakan Kemenag, perbedaaan suku, agama, ras, budaya dan lain sebagainya itu merupakan Rahmat Allah SWT yang harus disyukuri dan dinikmati dengan tetap konsisten menjaganya.

“Kita tetap bersatu karena bagi kita perbedaan itu justru menjadi modal untuk membangun bangsa ini,” ujarnya.

Acara malam ta’ruf ini, diakui H.M.Taufik sangat baik agar saling kenal mengenal untuk membangun kebersamaan.

“Dari sisi agama perlu kita bangun. Momentum MTQ ini salah satu upaya kita untuk membangun kebersamaan dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama. Untuk peserta, mari kita mempelajari Alquran, memahani isinya dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau, melalui Staff Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Rizma Aminin melantik jajaran dewan hakim MTQ ke-28 di Kecamatan Bonti. Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan dewan hakim untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan tetap menjaga independensi.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-28 tingkat Kabupaten Sanggau yang juga adalah Camat Bonti, Darmikus Heri saat menyampaikan sambutannya pada acara malam takruf dan pelantikan dewan hakim memberikan ucapan selamat kepada dewan hakim yang dilantik. Ia berharap dewan hakim bisa memberikan penilaian yang objektif, sportif, netral, jujur dan adil.

“Saya yakin bahwa dewan hakim yang dilantik malam hari ini adalah orang-orang pilihan yang memiliki kapabilitas dan kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan tugasnya,” ujarnya.

“Saya berharap seluruh rangkaian acara MTQ ke-28 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya. (*/bb)

Check Also

Dampak Covid-19, Anggaran Peningkatan Jalan Status Provinsi di Sanggau Terpangkas

SANGGAU, SB – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar yang dipimpin H Subhan Nur menemui …