Bupati Resmi Melantik Ir Kukuh Triyatmaka, MM Sebagai Sekda Sanggau

SANGGAU, SuaraBorneo – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada saudara Ir.Kukuh Triyatmaka, MM sebagai Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau. Atas pilihannya tersebut, Bupati Sanggau pada Jumat (27/12) siang akhirnya melantik Penjabat Sekda dua periode tersebut sebagai Sekda definitif. Pelantikan yang digelar di ruang musyawarah lantai satu Kantor Bupati Sanggau.

Turut menyaksikan Gubernur Kalbar dalam hal ini diwakili Staf Ahli Gubernur Drs.Hermanus, M.Si, Kepala Dinas Pemdes Provinsi Kalbar, Drs.H.Muhammad Aminuddin, M.Si, Wakil Bupati Sanggau, Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan, Kapolres Sanggau, AKBP Raymond Marcellino Masengi, S.Ik, MH, Kepala Kejari Sanggau dalam hal ini diwakili Kasi Barang Bukti, Joharca, Pemimpin Bank Kalbar Cabang Sanggau, Mas Yusmidi, Perwakilan dari BPN Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Para Camat se-Kabupaten Sanggau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau, Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Ny.Yohana Kusbariah Ontot, DWP, serta para tamu undangan.

Pengangkatan saudara Ir.Kukuh Triyatmaka sebagai Sekda definitif berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati nomor: 821/200/BKPSDM.C Tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Tahun 2019.

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyebut pelantikan yang Ia lakukan hari ini setelah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Seleksi sudah kita lakukan. Ada tiga nama yang direkomendasikan dan hari ini saudara-saudara tidak perlu bertanya lagi karena sudah jelas kepercayaan itu saya berikan kepada saudara Kukuh Triyatmaka,” kata PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penjabat Sekda Kukuh Triyatmaka.

“Saya sudah melihat kemampuan saudara, saya sudah melihat apa yang saudara lakukan. Yang jelas saya tidak merasa repot jadi Bupati sehingga saya memilih saudara. Saya harapkan pertahankan itu, singkat kata koordinasi diperkuat,” pintanya.

Bupati, Paolus Hadi juga meminta, Sekda harus bisa memastikan perencanaan APBD Kabupaten Sanggau bersama, tentunya OPD yang bertanggungjawab, bisa kita finalkan bersama DPRD dan tentu bisa dilaksanakan oleh OPD.

“Sekda harusnya tidak boleh tidur, Bupati boleh tidur. Karena kalau Sekda tidur yang sengsara Bupati. Dan saya merasakan selama enam bulan ini saya bisa tidur. Jangan sesudah definitif saya lalu tidak bisa tidur lagi,” pungkasnya.

Ia juga menegaskan, dipilihnya saudara Kukuh Triyatmaka sama sekali tidak melanggar aturan.

“Tingkatkan kinerja dengan mitra kerja. Berkomunikasi dengan Forkompimda dengan pihak-pihak lain, tapi di internal diutamakan lebih solid. Yang saya rasakan solid itu masih perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Usai dilantik, Kukuh Triyatmaka ketika diwawancara menyampaikan terkait pesan Bupati Sanggau.

“Tentu pemerintahan daerah itukan pasti mempunyai target pembangunan daerah. Pembangunan daerah ini tentu kita harus support secara administrasi pemerintahan, Sekda juga tentu mengkoordinir SKPD-SKPD supaya berjalan dalam pemerintahan dan dalam masyarakat itu lebih baik, cepat dan tidak melanggar aturan,” kata Kukuh Triyatmaka ketika ditemui usai dilantik.

Disamping itu juga, lanjut dikatakannya, di era sekarang sudah mulai kita akan menata reformasi birokrasi.

“Tentu kita harusnya segera melakukan penyesuaian apa yang menjadi kebijakan secara nasional. Pada prinsipnya adalah pemerintah ini akan dijalankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang mana pak bupati ada program yakni Sanggau maju dan terdepan atas kebutuhan masyarakat. Fungsi kita sebagai Sekda tentu akan mensupport dan mensupport administrasi yang lebih baik, cepat dan sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Ir.Kukuh Triyatmaka, MM selaku Sekda Kabupaten Sanggau yang disaksikan langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Pendeta dan Saksi Dari Pemprov Kalbar. (*/bb)

Check Also

Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergitas, Kalsel Putuskan Mata Rantai Covid-19

BANJARMASIN, SB – Bertempat di Rupatama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) berlangsung Penandatanganan kesepakatan …