Satgas Yonif Raider 641/Bru dan Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Entikong Melaksanakan Patroli Bersama

ENTIKONG, SuaraBorneo – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru bersama Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Entikong melaksanakan patroli bersama di jalur-jalur tikus sisi kanan PLBN Entikong.

Pelaksanaan kegiatan patroli bersama ini bertujuan untuk mencegah segala kegiatan ilegal berupa penyelundupan sembako, satwa, unggas dan bibit tumbuhan.

Kegiatan Patroli bersama ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Perpanjangan II Perjanjian antara Badan Karantina Pertanian Kementan RI dengan TNI AD tentang Dukungan Operasional Perkarantinaan Hewan dan Tumbuhan serta Pengawasan Keamanan Hayati di Wilayah Perbatasan Darat Antar Negara.

Patroli bersama yang dilaksanakan terdiri dari 5 personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru dan 6 personel Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Entikong.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono mengatakan, “Kegiatan Patroli Bersama ini merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama yang telah disepakati kedua instansi terkait dan akan dijadikan sebagai program rutin setiap bulannya.”Jelas Letkol Inf.Kukuh Suharwiyono. Kamis,(9/1/2020).

Patroli Bersama ini diperlukan karena keamanan wilayah perbatasan darat dari segala bentuk kegiatan ilegal bukan menjadi tanggung jawab TNI saja, namun instansi lain juga.Dalam hal keamanan hayati, TNI dan Badan Karantina Pertanian merupakan stakeholdernya.

Letkol Kukuh mengharapkan koordinasi antar instansi seperti ini dapat dipertahankan demi mencapai tujuan bersama, yaitu menciptakan kondisi perbatasan yang aman dan terhindar dari segala kegiatan ilegal atau penyelundupan. (*/bb)

Check Also

Bupati Sanggau dijadwalkan Buka Musyawarah Besar III PDKS

SANGGAU, SB – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, dijadwalkan membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) III …