Polres Sekadau Bersama TNI-Forkopimda Lakukan Aksi Tanam Pohon Untuk Cegah Bencana Banjir dan Longsor

SEKADAU, SuaraBorneo – Sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia, Polres Sekadau kembali melakukan aksi tanam pohon, Jum’at (10/01/2020) pagi.

Penanaman pohon kali ini dilaksanakan oleh Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H bersama unsur Forkopimda Sekadau, TNI, dan ibu-ibu Bhayangkari, di lokasi bakal pelaksanaan MTQ 2020 yang berada tepat di belakang kantor Camat Sekadau Hilir.

Pohon yang ditanam berupa pohon tinggi dan beragam jenis pepohonan buah yang dapat memproduksi oksigen serta akarnya mampu menyerap air dalam jumlah besar dan dapat menahan longsor.

Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala menjelaskan, salah satu penyebab banjir dan longsor yaitu hutan gundul dan lahan yang tidak produktif.

Gerakan penanaman pohon merupakan program yang digagas langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, bertajuk “Polri Peduli Penghijauan”, sebagai upaya pencegahan bencana banjir dan longsor.

Aksi penanaman pohon tak hanya dilaksanakan di Polres Sekadau melainkan di seluruh jajaran Polri secara nasional.

Dimulai dari tingkat Polsek hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif milik Polri, pemerintah maupun warga lainnya.

Program penanaman pohon yang diiniasi oleh Polri diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi lain baik pemerintah maupun swasta dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan membawa manfaat jangka panjang bagi anak cucu.

Hadir dalam giat ini Wakapolres Kompol Florentus Situngkir, Asisten II Setda Kabupaten Sekadau Paulus Yohanes, Camat Sekadau Hilir Syafi’i, Kadisporapar Paulus Misi, Kadis Lingkungan Hidup Dr. Wirdan, Danramil 15/SKD, Kapten Arh Laston Simare Mare, Pabung Kodim 1204/SGU, Mayor Arh M Agus Setiawan, dan Ibu-ibu Bhayangkari Cabang Sekadau. (*/by)

Check Also

Wabup Sintang Kunjungi Nanga Tebidah

SINTANG, suaraborneo.com – Wakil Bupati Sintang Askiman, didampingi Kepala Bappenda Kabupaten Sintang Abdul Syufriadi dan …