Relawan PKS Kalteng Salurkan Korban Terdampak Banjir di Banten

BANTEN, SuaraBorneo – Setelah membantu warga yang terdampak banjir dan longsor dari Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, kini relawan PKS Kalteng yang di koordinir oleh Joko Mulyono menuju ke kecamatan Lebak gedong, kampung Cigopang dan kampung ciladahen, Kabupaten Lebak ,Provinsi Banten, Selasa (14/1/2020).

Setelah berkoordinasi dan menyerahkan amanah bantuan melalui posko induk relawan PKS di Kabupaten Lebak dan bersilaturahim dengan Ketua Umum PKS Banten, Ust Sanuji Pentamarta.

“Relawan PKS Kalteng langsung menuju ke lokasi terdampak yang berada di kecamatan Lebakgedong, kampung Cigodang, dan Muara Ciladaheun untuk menyerahkan bantuan dari para kader PKS dan warga di Kalteng,”ujar Joko Mulyono selaku Koordinator Relawan PKS Kalteng.

Joko menjelaskan, bahwa kondisi warga yang terdampak sangat membutuhkan bantuan terutama kebutuhan bahan pokok, kemudian perbaikan jalan dan air bersih. Bahkan menurut informasi warga setempat masih ada Desa Cigobang yang terisolir untuk menuju ke Desa tersebut harus berjalan kaki sekitar 1 (satu) jam lamanya. Di kampung ini ada dua RT dan ada 8 (delapan) orang korban meninggal.

“Kampung muara Cilaheun, akses yang paling sulit, karena akses jembatan besi satu-satunya penghubung antar kampung tersebut hanyut terbawa arus deras banjir kala itu,”tutur salah satu warga bernama Kopral yang menjadi saksi mata.

Ditambahkan beliau, kampung ini baru mendapat logistik setelah 5 (lima) hari diterjang banjir. Itupun di drop atau dijatuhkan dari helikopter.

Sekarang, mobil jenis double gardan baru bisa sampai ujung jalan, dan untuk keseberang sungai, bantuan logistik diangkut atau di seberangkan melalui tali karmantel yang ditarik dari seberang oleh warga dan berbagai relawan saling bahu membahu.

“Beberapa bantuan untuk warga yang terdampak bencana banjir dan longsor secara bertahap di distribusikan dengan berjalan kaki sehingga membutuhkan tenaga dan waktu untuk bisa menyerahkan bantuan kepada warga,”ujar Joko aktivis kemanusiaan ini.

Rencananya, relawan PKS berada di Kabupaten Lebak sekitar 3 hari untuk membantu warga dan menyerahkan bantuan dengan dibantu Relawan PKS Kabupaten Lebak, Provinsi Banten,”tutup Joko Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga PKS Kalteng ini. (ujang/ery-SB).

Check Also

Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polres Barito Kuala

MARABAHAN, SuaraBorneo – Tim dari Pusat Penelitan dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri mengunjungi Polres Barito …

error: Off