Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru Amankan 2 TKI Ilegal

ENTIKONG, SuaraBorneo – Satuan tugas pengamana perbatasan RI-Malaysia Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru Pos Balai Karangan mengamankan 2 orang yang akan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di Malaysia.

Kedua orang tersebut diamankan pada saat personel Satgas melaksanakan kegiatan pemeriksaan rutin di jalan raya depan Pos Balai Karangan, Dusun Pemodis, Desa Thang Raya, Kec. Beduai, Kab. Sanggau.

Kegiatan pemeriksaan rutin tersebut dilaksanakan pada pukul 04.00 Wib dan dipimpin Sersan Dua Muhammad Rusli dibantu 3 orang personel Satgas lainnya.

Pada saat personel Satgas memberhentikan mobil mini bus dan memeriksanya, didapati dalam minibus tersebut 2 orang yang terlihat seolah ketakutan saat akan diperiksa.
Kedua orang tersebut bernama Haerudin (39) dan Rahudin (45).

Dan betul ternyata kedua orang tersebut saat dimintai kartu identitas dan dimintai keterangan akhirnya mengakui bahwa mereka akan menuju ke Malaysia untuk menjadi TKI, namun keduanya saat diminta untuk menunjukkan dokumen-dokumen persyaratan menjadi TKI tidak memilikinya, hanya bisa menunjukan Pasport dan KTP serta tidak melalui biro jasa penyalur tenaga kerja.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono mengatakan, “Kegiatan pemeriksaan atau sweeping di jalan menuju PLBN Entikong secara rutin memang dilakukan, kerena ini merupakan wujud antisipasi dalam rangka menekan angka perdagangan barang-barang ilegal maupun untuk mencegah adanya TKI ilegal,”Jelas Letkol Inf.Kukuh Suharwiyono Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru.Kamis,(16/1/2020).

Saat ini dua orang TKI ilegal telah dibawa dan diamankan di Pos Kotis Gabma Entikong untuk selanjutnya diserahkan ke Kantor Imigrasi kelas II Entikong untuk penyelidikan lebih lanjut. (*/by)

Check Also

Perbatasan Dinilai Rawan Penyeludupan Narkotika

ENTIKONG, SuaraBorneo – Tidak bisa di pungkiri lagi daerah perbatasan merupakan wilayah yang sangat rentan …