Pemetaan Tata Ruang Desa Permudah Program Dana Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemetaan tata ruang desa dinilai sangat penting dalam rangka mempermudah pelaksanaan program dana desa (DD/ADD).

Hal ini dikatakan, Koordinator Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif Kapuas Barito (SIPP Kabar) Kabupaten Kapuas, Sahfial, di sela kegiatan Pangarusutamaan Pemetaan Dan Perencanaan Partisipasif Dalam Penataan Ruang Desa Dan Implementasi Kebijakan Satu Peta di Aula DPMD Kapuas Senin (27/1/2020).

Dikemukakan, pemetaan memastikan semua tata ruang wilayah masing-masing pemerintahan desa.

“Sehingga diketahui dengan jelas. Lebih dari itu adalah menghindari dan menekan konflik agraria antar desa,”katanya.

Direktur Yayasan Tahanjungan Tarung, Heri Susanto mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan pemetaaan desa memastikan tata ruang wilayah desa.

“Jadi, asistensi ini guna melayani pemetaaan wilayah desa sehingga hasilnya dijadikan rekomendasi untuk pemerintah daerah,”jelasnya seraya menyampaikan, terkait pemetaan desa sebelumnya Kecamatan Timpah yang sudah dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yan Marto melalui sekretaris Slamet Santosa mendukung, pemetaan guna mengetahui dengan jelas tata ruang desa.

Kegiatan kerja sama Pemkab Kapuas, Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif, Yayasan Tahanjungan Tarung, Yayasan Petak Danum, Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif Kapuas Barito (SIPP Kabar) diikui OPD, camat kades serta damang. (ujang/ery-SB).

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …