Laporan Keuangan TA 2019 Pemkab Kapuas Siap Sampaikan Data ke BPK RI

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Laporan keuangan Tahun Anggaran (TA) 2019 Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah siap menyampaikan data-data ke Badan Pemeriksa Keuangan (RI).

“Pemkab Kapuas siap sampaikan data seperti apa yang diperlukan BPK RI,”kata Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT di sela pertemuan dengan BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah di Aula Bappeda Jalan Tambun Bungai Kapuas Rabu (29/1/2019).

Bupati di hadapan seluruh OPD dan camat juga meminta selama proses pemeriksaan BPK RI jangan sampai ada bepergian ke luar daerah.

“Siapkan semua data-data yang diperlukan BPK sebagai tanggung jawab dan kerja sama kita,”imbuh orang nomor satu di Kapuas Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung itu.

Ketua tim pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan (RI) Perwakilan Kalimantan Tengah Doni Hernawan menyebut terkait Laporan Hasil Pelaksanaan (LHP) keuangan pemeriksaan terhadap penggunaan keuangan oleh pemerintah kabupaten parameter penting.

“Secara makro parameter ini diharapkan membawa dampak bagi kesejahteraan masyarakat pertumbuhan ekonomi serta mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),”katanya.

Dikemukakan pelaporan awal penggunaan keuangan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas ini setidaknya menjadi indikator penilaian selanjutnya.

“Artinya pencapaian sisi keuangan sesuai regulasi akuntabel dan bentuk transparansi,”imbuhnya.

Untuk itulah selama proses pemeriksaan berjalan Pemkab Kapuas juga semua perangkat OPD menyiapkan semua data-data yang diperlukan oleh BPK. “30 hari kedepan sudah kami terima data-data tersebut,”ujarnya.

Doni Hernawan didampingi anggota tim lainnya juga menjelaskan selain data-data juga pelaporan Bantuan Sosial (Bansos) dana BOS Dinas Pendidikan bansos Dinas Kesehatan serta bansos untuk Partai Politik.

Pj Sekda Kapuas Andres Nuah menyampaikan terkait apa yang disampaikan BPK RI Pemkab Kapuas dan seluruh OPD segera menyiapkan data-data diperlukan BPK berkoordinasi dengan BPKAD. (ujang/ery-SB).

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …