AKBP Nina Rahmi Tak Bosan Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan terus berupaya memberikan penyadaran akan pentingnya keamanan dan keselamatan dalam berkendara kepada pengguna jalan.

Seperti halnya dilakukan petugas Unit Kamsel saat memberikan pembekalan safety riding kepada komunitas ojek online (ojol). Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM KM 21, Landasan Ulin Banjarbaru, Rabu.

Dalam rangka sosialisasi safety riding, Ditlantas Polda Kalsel memiliki slogan yaitu Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan. Gojek dalam hal ini sebagai Komunitas ojek online pertama di Kalsel yang menjadi objek sosialisasi tentang safety riding.

Kasubdit Kamsel AKBP Nina Rahmi menjelaskan safety riding  bukan hanya diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan aplikasi ojek daring, melainkan juga mencegah pengemudi terlibat aksi ugal-ugalan di jalan.

“Pengemudi sebagian besar adalah masyarakat menengah ke bawah yang tumbuh dan belajar dari lingkungan mereka. Tidak cukup dalam sehari kita bisa merubah perilaku mereka jika tidak di ikuti dengan perubahan di lingkungannya,” ungkapnya.

Namun demikian, imbuh Nina Rahmi, sebagian besar pengendara ojek online yang ikut dalam kegiatan tersebut sudah memahami dasar materi safety riding.

“Cuma memang dari pelatihan tersebut masih ditemui beberapa kesalahan kecil, seperti kebiasaan meletakkan dan menyiagakan jari tangan di atas hendel rem. Padahal itu cukup berbahaya karena kita mengerem secara reflek, sehingga berpotensi sepeda motor dapat tergelincir dan terjatuh,” ucapnya.

Para driver ojek merespons positif kegiatan ini. Penyelenggara terpaksa membatasi jumlah peserta sebanyak 75 orang. Selain mereka, mereka yang beruntung mendapat doorprize sebuah helm berlisensi SNI dari Ditlantas Polda Kalimantan Selatan. (ed/ad)

Check Also

Wabup Sintang Kunjungi Nanga Tebidah

SINTANG, suaraborneo.com – Wakil Bupati Sintang Askiman, didampingi Kepala Bappenda Kabupaten Sintang Abdul Syufriadi dan …