Kepsek Diminta Wajib Dukung Eskul Pramuka di Sekolah

PEGATAN, SuaraBorneo – Wakil Bupati Katingan, Sunardi S. Litang meminta kepada Kepala Sekolah disemua tingkatan wajib mendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolahnya masing-masing.

Menurutnya, Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib. Hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah yang saat ini berlaku dalam dunia pendidikan.

“Karena kegiatan pramuka wajib dilaksanakan di setiap sekolah, maka dari itu, setiap Kepsek wajib mendukung kegiatan pramuka tersebut,” jelas orang nomor 2 di Kabupaten Katingan ini.

Hal ini diungkapkannya, saat melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) 1508-02 Gerakan Pramuka Kecamatan Katingan Kuala periode 2019-2022 bertempat di Aula Kecamatan Katingan Kuala, Jum’at (31/1/2020).

Selain itu, jelas Sunardi, tidak hanya sekedar dukungan moral kepada pembina di sekolahnya, tetapi hendaknya juga dengan dukungan anggaran yang tersedia. Ia beranggapan, bahwa gerakan pramuka saat ini menjadi kebutuhan anak didik dan sangat bermanfaat, karena dapat membentuk kedisiplinan dan kemandirian anak didik.

“Saya pribadi dibentuk dan dibina lewat gerakan pramuka mulai dari tingkat SD sampai menjadi pengurus Kwartir Cabang saat ini. Puluhan tahun saya aktif di pramuka,”terang Sunardi yang juga memegang jabatan Wakil Ketua di Kwarcab Katingan ini.

Saat ini, tambahnya, pihak pemerintah kabupaten Katingan sudah mensupport kegiatan pramuka lewat anggaran Kabupaten yang dititipkan di setiap kecamatan yang aktif melakukan pembinaan pramuka.

“Termasuk juga Katingan Kuala, kami kasih anggaran yang lumayan, sebesar 50 juta yang kami titipkan lewat anggaran kecamatan,”terang Sunardi yang juga kepala BNK Katingan ini.

Oleh karena itulah, dirinya mengucapkan selamat kepada pengurus yang sudah dilantik, serta berharap dengan kepengurusan yang baru tersebut lebih serius melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah agar aktif dalam melakukan kegiatan kepramukaan.

“Saya berterima kasih kepada Kaka pembina karena sudah
menggembleng dan mendidik anak didiknya di pramuka,” tandasnya.

Diketahui, Camat Katingan Kuala H. Suryanto, SE selaku Ketua Mabiran dan Drs. Ruslan dipercaya kembali memegang jabatan Ketua Kwaran 1508-02 Gerakan Pramuka Kecamatan Katingan Kuala untuk periode 2019-2022.

H. Surya menjelaskan, bahwa saat ini Kegiatan pramuka khususnya di Katingan Kuala terus aktif dalam melakukan pembinaan di setiap Gugus Depannya masing-masing.

“Hampir setiap sekolah disemua tingkatan sudah melaksanakan kegiatan pramuka,”terang Camat Katingan Kuala ini.

Dalam kesempatan itu, ia meminta kepada setiap sekolah yang ada di wilayah Katingan Kuala agat terus meningkatkan kerjasama antar gerakan pramuka.

Sehingga, bisa saling belajar dan tukar pengalaman, yang pada akhirnya dapat lebih meningkatkan kapasitas jiwa kepramukaan anak didiknya di sekolah.

“Saya berharap gerakan pramuka di Katingam Kuala tidak kalah dengan kegiatan pramuka di kota meskipun kita berada di daerah di pinggiran,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Katingan Kuala, Drs. Ruslan menambahkan, kedepan pihaknya dalam kepengurusan ini akan memperkuat konsolidasi dan kerjasama dengan pihak-pihak sekolah, agar gerakan pramuka di Katingan Kuala makin eksis hingga tingkat nasional. (ujang/ery-SB).

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …