Perang Terhadap Narkoba, Polres Sanggau Musnahkan Sabu 1,49 Kg

SANGGAU, SuaraBorneo – Polres Sanggau, Polda Kalbar memusnahkan sedikitnya 1,49 Kg barang bukti sabu, Senin (3/2) pagi di Mapolres Sanggau.

Kapolres Sanggau Akbp Raymond M. Masengi, S. IK, MH melalui Kabagren Kompol Wardaya mengatakan terungkapnya tindak narkotika di wilayah Sanggau pada hari Jumat tanggal 17 Januari 2020 berawal anggota mendapatkan informasi tentang adanya Tindak pidana Nakoba di wilayah Kecamatan Sekayam selanjutnya dilakukan penyelidikan terkait informasi yang disampaikan oleh masyarakat.

Pemusnahan dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Kepala BNN Kabupaten Sanggau Akbp Ngatiya, Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya, Kasi Pidum Kejari Sanggau Eko. PN Sanggau Eliyas. Bakum PN Sanggau Munawar Rahim, Kasat narkoba Iptu Suwanto S.H, Pasiter Kodim 1204 Sanggau, Kasat Pol PP Sanggau, ketua NU, ketua Muhamadiah, balai POM, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan Kesehatan.

“Selanjutnya dilakukan penggeledahan dengan disaksikan oleh kadus setempat ditemukan barang bukti berupa 1 satu kantong plastik teh tarik merk AIK CHEONG warna kuning berisika lima belas kantong plastik berklip berisikan narkotika jenis shabu yang disimpan dalam tas ransel warna biru hitam dan satu kantong plastik bekas white coffee berisikan limabelas kantong plastik berklip berisikan narkotika jenis Sabu,” katanya.

Dari keterangan AF dilakukan pengembangan kemudianan mengamankan Tsk HR dan tsk AD terhadap para terduga pelaku tindak pidana narkotika 3 tiga orang dan barang bukti di bawa ke Polsek Sekayam guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

“Selama kurang lebih satu bulan mendeteksi dan melakukan pengintaian terhadap jaringan narkoba jaringan luar negeri dan ditangkap disaat tersangka membawa barang bukti 1,49 Kg sabu,” ucap Kompol Wardaya.

Dari pengungkapan tersebut, tiga orang ditetapkan tersangka yakni AB, AR dan AD.

“Saat ini berkas perkara sudah tahap satu dan ancaman hukuman kepada tersangka 20 tahun penjara. Sedangkan untuk pemilik barang saat ini masih kami dalami dan tidak bisa kami sampaikan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot meminta masyarakat Sanggau untuk tidak terpengaruh dengan narkoba.

“Kita bersama-samalah mengatasi narkoba ini. Sebenarnya sangat sulit kita mendeteksi narkoba ini. Tapi kalau kita kompak saya kira gampang,” ujarnya.

Dikatakan Ontot, saat ini Narkoba sudah menyebar kemana-mana, semua lini termasuk anak-anak dan pelajar. Oleh karena kekompakan memerangi narkoba ini menjadi kunci untuk memberantasnya. (*/bry)

Check Also

Perguruan Singa Jambung Pukulan Tinjek Gelar Ritual Batamat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perguruan Singa Jambung (PSJ) Pukulan Tinjek menggelar …