Verifikasi, Dewan Pers Imbau Perusahaan Media di Kalteng Lengkapi Persyaratan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Proses verifikasi media massa di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berjalan. Dewan Pers selaku lembaga verifikator menargetkan, dalam beberapa tahun ke depan seluruh perusahaan media massa di daerah ini telah terverifikasi.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Chairuddin Bangun di sela pertemuan singkat dengan Ketua Dewan Kehormatan Daerah Persatuan Wartawan Indonesia (DKD-PWI) Kalteng H Sutransyah, di Palangka Raya, Selasa (4/2/2020), mengatakan, pihaknya terus berupaya mempercepat proses sertivikasi seluruh media massa di Tanah Air.

Verifikasi, sebut Hendry, merupakan pengujian tahap awal dari media massa untuk memperoleh sertifikat atau pengakuan resmi dari Dewan Pers sebagai media massa yang legal secara hukum, memiliki sarana penunjang yang layak untuk menjalankan fungsi jurnalistik, dan dijalankan SDM profesional.

“Dengan pemenuhan prasyarat tersebut, produk informasi yang dipublikasikan oleh media bersangkutan dapat dipertanggungjawabkan secara etika dan ketentuan jurnalistik,” jelasnya.

Melalui, DKD-PWI Kalteng, Hendry meminta seluruh insan pers dan pengelola media massa di Kalteng yang belum diverifikasi untuk aktif menyiapkan pra syarat verifikasi ini. (ujang/ery-SB).

Check Also

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, berbicara peran penting …