Virus MRSA, Dinkes Kapuas Menyatakan Tak Ada KLB, Hanya Terpapar

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah menyatakan, tidak ada Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait isu virus Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) hingga menimbulkan jatuhnya korban.

“Tak ada KLB maupun pasien yang tengah menjalani perawatan di RSUD Kapuas akibat MRSA,”kata Kadinkes Kapuas Apendi ketika menggelar konferensi pers dengan media di Aula Kantor Dinkes Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Selasa (4/2/2020).

Didampingi Direktur RSUD Dr Sumarmo Sosroatmodjo Kapuas, Dr Agus Waluyo Sekretaris Dinkes Kapuas, Suparman dan Kabid Pencegahan Pengendalian Dan Penyakit, dr Tri Setiya Utami, ia mengatakan,
dampak resistan dari virus dan bakteri MRSA hanyalah terpapar.

Meski begitu, sebagai langkah antisipasi pihaknya telah melakukan upaya mensosialisasikan program Germas melalui puskesmas agar masyarakat selalu menjaga kebersihan.

“Kalau masyarakat membeli obat anti biotik jangan sembarangan tentu dengan resep dokter,”tegas Kadinkes.

“Tak ada pasien akibat virus MRSA dirawat di RSUD Kapuas hanya terpapar. Sementara laporan perkembangan terus kami sampaikan rutin kepada pihak Dinkes Kapuas,”
tandas Direktur RSUD Kapuas, Dr Agus Waluyo.

Di tempat yang sama, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas, dr Tri Setiya Utami terkait surat beredar hingga sampai ke tangan masyarakat bukan persoalan KLB menyusul kasus MRSA.

“Di kesempatan ini, kami klarifikasi karena laporan ke Dinkes Provinsi hanya konsultasi internal terkait program. Jadi, bukan penetapan SK status KLB yang terjadi di Kabupaten Kapuas,”tukasnya.

Oleh karena itu, tambahnya segala sesuatunya Dinkes tetap mengacu pada peraturan Kemenkes.

“Dinkes Kapuas telah melakukan berbagai upaya mengedukasi dan menghimbau masyarakat menjaga kebersihan,”ujarnya.

Diketahui, MRSA adalah jenis obat anti biotik. MRSA dapat menembus jauh ke dalam tubuh. Namun, dapat menimbulkan penyakit menular seperti tulang, persendian, darah, jantung serta paru-paru. (ujang/ery-SB).

Check Also

Gereja Kristus Tersalib stasi Selalong 1 Diresmikan Uskup Sanggau

SEKADAU, suaraborneo.com – Gereja Kristus Tersalib Stasi Selalong I Stasi Paroki Sekadau keuskupan Sanggau diresmikan …