Meriahkan HPN 2020, BNI Bersama PWI Gelar Pelatihan Kewirausahaan Wartawan

BANJARBARU, SuaraBorneo – Bertepatan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Kalimantan Selatan, PT Bank Negara Indonesia (BNI) turut memeriahkan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel gelar pelatihan kewirausahaan bagi wartawan, Kamis (6/2/2020) di Pusat Layanan Terpadu-Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM), Kota Banjarbaru.

Kata sambutan sekaligus membuka acara Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada bank BNI kantor cabang Banjarbaru atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini merupakan wujud partisipasi aktif bank BNI dalam mendukung perkembangan UMKM sekaligus rasa peduli terhadap rekan-rekan wartawan khususnya yang ada di kota Banjarbaru.

“Melalui kegiatan pada hari ini wartawan dapat menjadi bagian untuk menumbuhkembangkan UMKM kota Banjarbaru sehingga dapat membuka peluang lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas saya harapkan para peserta pelatihan pada hari ini dapat melihat dan menangkap peluang yang ada untuk selanjutnya diolah menjadi sebuah usaha yang menguntungkan memang modalnya adalah adanya suatu keberanian mengeluarkan ide kreatif yang dimiliki ditambah dengan peluang yang ada kadang orang mempunyai ide yang brilian kreatif dan inovatif tetapi tidak mempunyai keberanian untuk memulai disinilah diperlukan kepandaian dalam hal mengkomunikasikan ide dan gagasan itu dengan melibatkan bantuan dari pihak lain. Semoga dengan pelatihan yang diberikan pada hari ini paling tidak akan menjadi bekal atau modal dasar berupa pengetahuan untuk perencanaan sebuah usaha yang kreatif dan inovatif yang manfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain dan lingkungannya,” ungkapnya.

Nara sumber sebagai pelaku usaha Banjarbaru seperti, pemilik usaha Cokelat Pasak Bumi, Bobi dan pengusaha arang putih sampai ekspor, Norwanto dan Mariisa anak dari pengusaha sasirangan khas corak kota Banjarbaru, serta diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media cetak, TV dan online.

Wakil Pimpinan Bidang Jaringan dan Layanan BNI Banjarmasin, Untung Rahmat Marzuki menjelaskan bahwa pelatihan tersebut sebagai bentuk perhatian BNI kepada wartawan yang menjadi mitra bank selama ini.

“Sebagai Wartawan tidak selamanya jadi wartawan, melalui pelatihan ini kami ingin memberikan wawasan kepada rekan wartawan yang ingin berwirausaha dengan kiat-kiat dari pengusaha kawakan asal Banjarbaru,” katanya.

“Memulai usaha perlu modal bukanlah masalah utama, yang paling penting itu adalah kemauan dan motivasi diri sendiri. Dikasih modal yakin gak mereka akan berkembang. Modal itu hanya berapa persen dari kesuksesan, yang paling penting itu prosesnya serta kemauan dan motivasi diri,” bebernya.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah standarisasi produk dan juga masalah karena cara memasarkan produk dengan cara konvensional saat ini sangatlah sulit.

“Oleh karena itu harus pandai memanfaatkan teknologi, terlebih wartawan memiliki kemampuan untuk menggiring opini konsumen dan mempunyai jaringan yang luas,” pungkasnya.

Tujuan dari pelatihan ini untuk menciptakan wirausahawan baru terkhusus dari kalangan wartawan, sehingga UMKM yang ada semakin maju dan berkembang. (ad-sb)

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …